get app
inews
Aa Read Next : Benda yang Tak Boleh Disimpan di Dalam Mobil saat Cuaca Panas

Penyakit Kanker Dapat Dicegah dengan Konsumsi Hasil Laut Berikut

Jum'at, 04 Februari 2022 | 23:59 WIB
header img
Rumput Laut (sindonews.com)

KEDIRIiNewsKediri - Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti di masyarakat. Ada banyak pengobatan untuk penyakit ini.

 

Mulai dari pengobatan modern hingga pengobatan tradisional. Banyak obat-obatan juga digunakan untuk mengobati kanker, termasuk obat-obatan kimia dan herbal.

 

Ramuan yang dipercaya dapat menyembuhkan kanker berasal dari biota laut. Seperti yang diungkapkan dari

Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ratih Pangestuti, Ph.D, mengatakan, dalam observasinya banyak biota laut Indonesia yang berperan sebagai agen antikanker alami dan ini harus dimanfaatkan dengan baik dan benar.

 

Biota laut tersebut sebut saja teripang, rumput laut, sponge, ikan, dan mikroorganisme lainnya yang hidup di laut dalam Indonesia.

 

"LIPI melalui Pusat Penelitian Oseanografi berkomitmen untuk meneliti dan mengembangkan bahan aktif dari organisme laut sebagai agen antikanker serta sumber pangan untuk mencegah kanker," kata Ratih.

 

Lantas, biota laut apa saja yang memiliki kandungan antikanker yang baik untuk mencegah mau pun mengobati kanker, berikut ulasannya

 

1. Ikan

 

Omega 3 dalam ikan menjadi antikanker yang baik untuk mencegah terbentuknya sel kanker di dalam tubuh. Makanya, pesan Menteri KKP Susi Pudjiastuti untuk rutin mengonsumsi ikan sangat baik dilakukan!

 

2. Teripang

 

Di dalam teripang ternyata mengandung antikanker yang baik untuk mencegah kanker payudara dan kanker ovarium. Kandungan antikanker tersebut antara lain chondroitin sulfate, glukosamin, dan kaya akan kolagen.

 

3. Sponge

 

Di dalam biota laut ini, terkandung miophin A dan miophin B yang mana ini ternyata senyawa antikanker yang bermanfaat untuk mengobati kanker, khususnya leukimia atau kanker darah. Ekstrak dari sponge ini antara lain; Lissoclinum patella, Oxycoryna fascicularis, Didemnum molle, Botryllus schlosseri, atau Spheciospongia inconstan.

 

4. Rumput Laut

 

Bahan dasar agar-agar ini juga ternyata memiliki kandungan antikanker yang luar biasa. Kandungan fikosantin yang ada di dalam rumput laut ternyata efektif untuk mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Ratih menyarankan untuk konsumsi green caviar mentah atau rumput laut diolah menjadi sup untuk dikonsumsi secara rutin.

Editor : Moch Robby

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut