get app
inews
Aa Read Next : Bahaya Menggunakan Pakaian Ketat atau Skinny Jeans

Benarkah Penyakit Diabetes Bisa Memicu Berbagai Penyakit Komplikasi? Begini Penjelasan Pakar

Jum'at, 25 Maret 2022 | 08:01 WIB
header img
Penyakit Diabetes bisa menyebabkan berbagai penyakit kompilkasi

KEDIRI, iNewsKediri- Bukan menjadi rahasia umum lagi jika penyakit Diabetes merupakan penyakit yang harus membuat penderitanya mengkonsumsi obat seumur hidup. Jika penyakit Diabetes tidak terkontrol maka dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal, jantung, pembuluh darah, mata, kaki, saraf, hati, bahkan paru-paru. Memahami bagaimana diabetes mempengaruhi tubuh Anda adalah penting.

 

Dr Sneha Kothari, Konsultan Endokrinologi di Global Hospital Parel, Mumbai, mengatakan, diabetes mellitus adalah penyakit di mana tubuh tidak membuat cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin dengan benar yang menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah.

 

"Diabetes dapat menyebabkan berbagai penyakit. komplikasi yang mempengaruhi ginjal, jantung, pembuluh darah, saraf dan mata," katanya seperti dikutip dari laman Times Now News. 

 

Berikut cara diabetes yang tidak terkontrol merusak organ:

 

Mata

 

Gula yang tertinggal dalam darah karena insulin 'pengangkut' hilang, alih-alih dikirim ke sel-sel yang menunggu pengirimannya, mulai merusak pembuluh darah kecil di mata Anda. Hal ini dapat mengakibatkan masalah penglihatan atau kebutaan. Itulah mengapa penting untuk mengecek kondisi gula darah dan pemeriksaan mata secara berkala.

 

Jantung

 

Gula yang tidak keluar dari darah, mulai lengket dan menempel pada dinding pembuluh darah. Bukan hanya kapiler (pembuluh darah halus), bahkan pembuluh darah yang lebih besar di tubuh yang memasok oksigen ke jantung dan otak mulai memburuk. Lemak juga bisa menumpuk di pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

 

Saraf

 

Jika membiarkan kadar gula darah tinggi tidak diobati terlalu lama, pembuluh darah yang rusak berhenti membawa oksigen ke saraf yang membawa sinyal ke otak, Saraf yang rusak dapat berhenti mengirimkan sinyal rasa sakit.

 

Kaki

 

Penderita diabetes diminta untuk merawat kaki mereka, menjaganya tetap bersih, sehat, dan fungsional. Penderita diabetes diperingatkan untuk tidak mengabaikan cedera pada kaki atau abses pada kaki karena kondisi hiperglikemik dapat membahayakan kaki mereka dalam dua cara.

 

Pertama, dapat merusak saraf tubuh. Kerusakan saraf menghentikan seseorang dari rasa sakit atau masalah lain di kaki Anda. Cara lain diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada kaki adalah dari sirkulasi darah yang buruk. Aliran darah yang buruk membuat luka atau infeksi sulit sembuh. Anda mungkin pernah mendengar tentang kasus-kasus infeksi luka yang tidak sembuh-sembuh, dan kaki atau tungkai harus diamputasi.

 

Editor : Moch Robby

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut