get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi Makanan Pencegah Kanker Payudara Menurut Ahli Medis

Ingin Mood Tetap Terjaga, Yuk Rutin Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini

Rabu, 30 Maret 2022 | 00:36 WIB
header img
Makanan yang bisa membuat mood menjadi lebih baik.(Sumber/okezone.com/Taste Of Home)

KEDIRI, iNewsKediri- Selain berpengaruh terhadap kesehatan fisik, makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata juga memiliki dampak terhadap mood atau suasana hati kita.

Untuk itu, kita harus berusaha untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Karena hal tersebut bisa berpengaruh terhadap kondisi fisik dan mental kita. Makanan yang sehat dan memiliki kandungan nilai gizi maka bisa membuat mood menjadi lebih baik.

Menurut Psikiater Ahli Saraf Klinis Daniel Amen, salah satu dari tujuh rahasia ilmu saraf untuk kebahagiaan adalah menikmati makanan dan minuman yang akan membuat Anda merasa lebih baik.

"Tidak hanya pada saat ini tetapi untuk jangka panjang," katanya seperti dilansir dari laman Times of India.

Selanjutnya para ahli mengatakan, makanan yang menenangkan atau menenangkan seperti pizza dan es krim hanya memberi Anda kebahagiaan sesaat. Tapi, makanan yang benar-benar mengandung nutrisi pemicu kebahagiaan kimiawi dan hormon tubuh akan memiliki kebahagiaan jangka panjang.

Secara ilmiah makanan organik dikonsumsi, dipercaya dapat menangani mekanisme tubuh manusia dengan cara yang meningkatkan kesehatan.

Berikut ini beberapa menu makanan yang bisa membuat mood Anda jadi lebih baik!


1. Buah-Buahan

Buah-buahan dan beri berwarna-warni organik memiliki dampak signifikan pada tubuh. Makanan ini sangat kaya akan antioksidan, dan penting bagi kesehatan manusia.

Terlebih buah-buahan dan beri, serta sayuran yang bersifat musiman, ditanam secara organik dan tidak diberi pestisida dan obat penumbuh tanaman lainnya.

2. Minyak Sehat

Minyak sering dianggap sebagai biang keladi ketika kesehatan seseorang menjadi memburuk. Selain itu kerap kali sebagian menyarankan, untuk tidak mengkonsumsi minyak untuk menjaga kesehatan jantung.

Tetapi bertentangan dengan semua kepercayaan ini, Dr Amin menyarankan untuk memenuhi dengan mengonsumsi minyak yang sehat seperti minyak zaitun. Minyak zaitun kaya antioksidan, dan kandungan mineral aslinya tidak dirobek melalui proses pemurnian yang tinggi.

3. Telur

Telur dianggap sebagai makanan yang juga dapat meningkatkan mood. Para ahli mengatakan, telur sarat dengan kolin yang membantu menghasilkan neurotransmiter dan karenanya meningkatkan suasana hati.

Sesuai dengan laporan salah satu studi menyatakan, telur dapat memberikan Anda kandungan B-12, folat, protein, dan lemak sehat. Di mana semua itu sangat penting dalam hal fungsi otak.

4. Coklat Hitam

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan coklat, di mana makanan ini bisa memperbaiki suasana hati atau mood menjadi lebih baik. Kandungan gula dalam coklat hitam dapat meningkatkan suasana hati yang menghasilkan hormon serotonin dalam tubuh. Sehingga meningkatkan suasana hati orang tersebut secara keseluruhan.

Gula memfasilitasi pelepasan insulin yang menghasilkan bahan kimia rasa baik atau dikenal sebagai endorfin diketahui menginduksi jenis perasaan euforia pada manusia.

Editor : Moch Robby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut