get app
inews
Aa Read Next : Rugikan Negara Rp400 Juta, Direktur Jasa Kebersihan RSUD Kabupaten Kediri di Tahan

Bikin Geleng Kepala, Kasus Kejahatan Korupsi di Indonesia Semakin Canggih dan Rumit

Sabtu, 19 Februari 2022 | 21:02 WIB
header img
Semakin hari kasus kejahatan korupsi di Indonesia makin rumit dan canggih. (Sumber/Freepik)

KEDIRIiNewsKediri  - Kasus kejahatan atau tindak pidana korupsi di Indonesia semakin merajalela. Hampir setiap hari mendengar berita tentang korupsi yang dilakukan oleh pejabat.

Bahkan, lembaga penanganan korupsi di Indonesia Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan berbagai langkah antisipasi untuk menangani kasus tindak pidana korupsi.

 

 

Salah satu yang tengah fokus dilakukan KPK adalah meningkatkan kapasitas dan kemampuan pegawainya untuk dapat menganalisa hingga mengembangkan pengetahuan.

KPK menggandeng Kejaksaan RI untuk kerja sama dalam segi pengembangan dan peningkatan kompetensi para pegawainya di bidang hukum dan manajemen kepemimpinan.

"Modus korupsi sebagai extra ordinary crime semakin hari semakin canggih dan rumit. Oleh karenanya butuh peningkatan kompetensi dan kemampuan para penyelidik dan penyidik yang menangani perkara-perkara tersebut," kata Plt Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardiana melalui keterangan resminya dikutip okezone, Sabtu 19 Februari 2022.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai kejahatan tindak pidana korupsi saat ini semakin canggih dan rumit. Para koruptor pandai menyiasati perbuatan jahatnya agar tidak terendus oleh aparat penegak hukum. KPK mengantisipasi segala bentuk modus licik para koruptor tersebut.

Lebih lanjut, Wawan menjelaskan bahwa kerja sama dengan Kejaksaan RI sekaligus sebagai wujud penyamaan persepsi, sinergitas, dan optimalisasi koordinasi dalam pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia para pegawai masing-masing instansi.

Perjanjian kerja sama ini mencakup ruang lingkup dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, pengembangan kualitas pengelolaan fungsi pendidikan dan pelatihan, penggunaan sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan, serta bentuk kerja sama lain yang disepakati berkenaan dengan peningkatan SDM para pihak.

Sebagai tindak lanjutnya, kata Wawan, KPK melalui Direktorat Pendidikan dan Pelatihan Antikorupsi bekerja sama dengan Badan Diklat Kejaksaan RI akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan diklat yang diikuti oleh Penyelidik dan Penyidik dari KPK, Polri, serta Kementerian ESDM yang akan berlangsung pada Februari sampai Maret 2022.

"Kami meyakini, dengan kapasitas dan kompetensi yang mumpuni dari setiap Aparat Penegak Hukum, dapat mendukung professionalitas penanganan tindak pidana korupsi yang akan memberikan outcome optimal. Yakni, penegakkan hukum yang memberikan efek jera bagi para pelaku sekaligus optimalisasi asset recovery, dengan tetap menjunjung tinggi azas dan norma hukum yang berlaku," pungkasnya.

 

Editor : Moch Robby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut