get app
inews
Aa Read Next : Daftar Tim yang Merebutkan Elkan Baggot

Kelengkapan Dokumen, Proses Dua Pemain Naturalisasi Indonesia Tinggal Menunggu Izin Orang Tua

Kamis, 10 Februari 2022 | 18:25 WIB
header img
Pemain sepak bola naturalisasi yang akan memperkuat Timnas Indonesia saat ini masih menyelesaikan perlengkapan dokumen (Sumber/Instagram/affsuzukicup)

KEDIRI, iNewsKediri.id - Perkembangan pemain naturalisasi yang akan bergabung di Timnas Indonesia sejauh ini sudah menunjukan progres yang bagus.

 

Ada dua dokumen pemain naturalisasi yang dokumen nya sudah lengkap dan diserahkan di meja Kemenpora, ia adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat.

 

Sementara itu, dua pemain naturalisasi yang lainnya yaitu Mees Hilgers dan Kevin Diks yang sampai saat ini masih mengurus kelengkapan dokumen.

 

Seperti diketahui, PSSI sedang memproses naturalisasi empat pemain keturunan untuk dapat memperkuat Timnas Indonesia. Selain Sandy Walsh dan Jordi Amat, PSSI juga sedang memproses naturalisasi Mees Hilgers dan Kevin Diks.

 

Bagaimana dengan Mees Hilgers dan Kevin Diks? Besok menjadi penentu apakah proses naturalisasi kedua nama di atas bakal lanjut atau tidak.

 

Sebab, saat ini Kevin Diks dan Mees Hilgers sedang meminta restu kepada orangtua mereka masing-masing apakah diizinkan atau tidak menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

 

Jika Kevin Diks dan Mees Hilgers mendapatkan restu, jumlah pemain keturunan yang dinaturalisasi bukan tak mungkin bakal bertambah. Sebab, satu nama lagi yakni Ragnar Oratmangoen masuk dalam daftar tunggu.

 

Andai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, meminta PSSI untuk melanjutkan proses naturalisasi Ragnar Oratmangoen, Federasi Sepakbola Indonesia itu kembali begerak.

 

Ditargetkan PSSI, empat atau lima nama di atas sudah bisa membela Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni 2022.

 

Jika Sandy Walsh dan kawan-kawan bisa turun di babak tersebut, praktis memperkuat kualitas Timnas Indonesia. 

 

Ujung-ujungnya, peluang Timnas Indonesia ambil bagian di Piala Asia 2023 yang dilangsungkan di China bakal terbuka lebar.

 

Bisa dibilang, Piala Asia 2023 menjadi tolok ukur kelayakan Timnas Indonesia bermain di Piala Dunia 2026 atau tidak.

 

Sebab, jika Timnas Indonesia lolos ke perempatfinal Piala Asia 2023, mereka layak diperhitungkan ambil bagian di Piala Dunia 2026.

 

Sekadar diketahui, FIFA menambah jumlah peserta Piala Dunia 2026, dari yang awalnya 32 menjadi 48 tim. Hal itu otomatis, jumlah negara yang lolos dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) bakal bertambah.

 

Sebelumnya, Asia hanya mendapat jatah 4 atau 5 tim (di luar tuan rumah) yang lolos ke Piala Dunia. Namun, berhubung jumlah tim yang tampil membengkak, Asia diberi kesempatan meloloskan 8 perwakilan ke Piala Dunia 2026.

 

Karena itu, harapannya tangan dingin Shin Tae-yong, plus bantuan pemain-pemain keturunan yang memiliki pengalaman tinggi, membantu mendongkrak performa Timnas Indonesia.

Editor : Moch Robby

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut