get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Relawan dan Pecinta Lingkungan Lakukan Bersih-Bersih Bantaran Sungai Juga Tebar Benih Ikan

Peringati HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, RSTN Bersama Masyarakat Gelar Permainan Tradisional

Selasa, 22 Agustus 2023 | 07:50 WIB
header img
Warga lomba tendang bola plastik dengan muka ditutup corong . Foto:iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri.id - Beragam kegiatan dilakukan untuk menyemarakkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Di Kota Kediri, Jawa Timur, Relawan Suket Teki Nusantara (RSTN) memiliki cara tersendiri untuk memperingatinya.

Bertempat di wilayah Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur. RSTN menggelar lomba tradisional gebuk bantal di persawahan, tak ayal acara tersebut membuat warga tertawa terpingkal-pingkal hingga mengocok perut, pasalnya para peserta berlumuran lumpur karena terjatuh ke sawah saat kena gebuk.

Tak jarang, justru dua peserta yang saling beradu sama-sama nyungsep ke sawah hingga berlumuran lumpur. Peserta yang kepayahan mengikuti lomba jadi hiburan hingga membuat gelak tawa warga yang menyaksikan

Heru Wijaya, Ketua Umum RSTN mengatakan, ada sejumlah lomba yang digelar oleh RTSN dalam momentum Hari Kemerdekaan RI ini. Antara lain, lomba balap karung, tangkap belut, memasukan pensil kedalam botol, makan kerupuk, balap karung dan lomba tendang bola plastik dengan muka ditutup corong serta gebuk bantal.

"Ini sebagai bentuk dan wujud tali silaturahmi dalam rangka memperingati HUT RI ke- 78 tahun, tak hanya masyarakat, acara ini juga diikuti oleh sejumlah personil TNI- Polri” ujar Heru Wijaya, Ketua Umum RSTN

Heru menambahkan, RSTN merupakan organisasi yang murni bergerak di bidang sosial, tanpa ditunggangi unsur politik manapun. Disisi lain, organisasi ini memang diperuntukkan menolong sesama yang membutuhkan.

"Kami murni relawan yang bergerak di bidang sosiial kemersyarakatan, perekat kebhnekaan, tidak membeda -bedakan golomgan, suku bangsa dan agama, demi menjaga NKRI," urai Heru.

Disamping itu, kata Heru, RSTN juga getol membantu kinerja Polri, dengan menjadi Relawan Harkamtibmas. Secara titik poinya berperan sebagai problem salving, yakni membantu polisi menuelesaikan permasalahan sosial masyarakat.

"Dari sini, peran Relawan Harkamtibmas menitik beratkan akan terciptanya Harkamtibmas. Sehingga, semua saudara kita bisa menyelesaikan masalah dengan musyawarah dan mufakat" tegasnya.

Terakhir, Heru juga mengutarakan, dengan semangat peringatan HUT RI ke-78 akan mampu memberikan semangat para relawan yang saat ini berjumlah 340 ribu orang,  utamanya tersebar di wilayah Jatim. Harapanya, mereka terus melecut diri dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Melalui kegiatan perlombaan HUT RI ke 78, semoga bisa terselenggara baik ke depanya.  Karena, acara ini merupakan bagian dari memperat silaturahmi, kegiatan positif yang memang harus terus digalakkan,” pungkasnya.

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut