get app
inews
Aa Read Next : Benda yang Tak Boleh Disimpan di Dalam Mobil saat Cuaca Panas

Cara Mengatasi Stres Karena Perceraian, Jangan Khawatir Jika Suami Anda KDRT

Senin, 10 Oktober 2022 | 15:42 WIB
header img
Ilustrasi perceraian (Foto: doc. Sindonews)

KEDIRI, iNewsKediri - Setiap orang tentu tidak menginginkan yang namanya perpisahan.

Tapi, bila ada suatu hal yang sudah tidak bisa ditoleransi lagi seperti perselingkuhan atau kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), banyak orang memilih untuk berpisah daripada menderita lalu depresi.

Namun, usai perceraian, memang banyak orang mengalami stres hingga depresi.

Oleh karena itu tak ada salahnya untuk mencari cara mengatasi stres, termasuk meminta bantuan psikolog.

Nah, untuk mengatasi stres akibat perceraian, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti yang dikutip dari psychcentral.

1. Mengakui Perasaan

Tidak masalah untuk tidak baik-baik saja. Kenali bagaimana perasaan kamu dan memeriksa perasaan itu bisa membantu kamu untuk belajar mengelolanya. Saat pernikahan kandas, kamu mungkin masih berduka, karena merupakan akhir dari kehidupan yang pernah kamu dan pasanganmu jalani.

Merasa sedih, kecewa, marah, takut, dan kesepian merupakan hal yang wajar. Jadi, jangan mengabaikan perasaan tersebut. Sebab bukan jalan keluar untuk mengatasi stres.

2. Berlatih self-talk yang positif

Setelah bercerai, umum terjadi apabila kamu selalu berpikiran negatif. Mungkin kamu berpikir kamu sangat bersalah dan merasa sudah mengecewakan keluargamu. Mengenai hal itu, kamu harus ingat bahwa perceraian itu rumit.

Sebuah studi tahun 2019, sumber terpercaya menemukan, selt-talk yang positif atau dilakukan diam-diam dengan suara keras di dalam mobil atau di depan cermin, bisa membantu meningkatkan kondisi mental kamu, selain itu juga membangun kepercayaan dirimu kembali.

3. Biarkan Orang Lain Membantu

Ketika orang-orang terkasih dalam hidup kamu peduli dan ingin membantumu, pertimbangkanlah untuk membiarkan mereka membantu. Karena, membiarkan diri kamu bersandar kepada orang yang bisa kamu percaya, akan membantu meredakan stres.

Kamu juga bisa meminta bantuan profesional, seperti psikolog untuk mengatasi kesedihan dan stres berat pasca-cerai. Mereka akan memberikan bantuan yang kamu butuhkan dengan baik.

4. Makan sehat

Menurut riset pada tahun 2020, makan sehat bisa membantu kamu mengatasi stres. Jadi sangat mudah untuk mengatasinya apabila kamu kehabisan akal. Saat stres mungkin orang banyak yang melewatkan waktu makan, padahal itu justru bisa membahayakan kesetanmu dan menambah stres. Cobalah untuk makan makanan sehat dan seimbang, agar stres mereda. Selain itu sebaiknya kurangi kafein dan alkohol untuk membantu meredakan stres.

5. Olahraga dan cukup tidur

Olahraga bisa melepaskan endorfin yang bisa mengeluarkan energi negatif yang terpendam. Kamu bisa pergi ke gym atau jogging di tempat yang indah untuk mengatasi stres. Selain itu, kamu juga harus cukup tidur karena tidur terlalu banyak, atau terlalu sedikit, merupakan penyebab depresi dan kecemasan. Tidur yang teratur sekitar 7-8 jam bisa membantu mengurangi stres.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut