Tanggul Sungai Jebol, Banjir Rendam Permukiman Dan Persawahan

Kridaning Jatmiko
Banjir rendam halaman sekolah. Foto: iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri.id - Diguyur hujan semalam, sebuah sungai di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (23/3/2023) meluap hingga menyebabkan tanggul sungai jebol. Akibatnya, air meluber ke permukiman warga, hingga menggenangi puluhan hektar persawahan, serta halaman sekolah.

Tanggul sungai di Desa Bakalan Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, jebol, lantaran tidak kuat menampung derasnya debit air. Akibatnya air meluber ke permukiman warga, persawahan, halaman sekolah dan jalan penghubung antar desa.

Salah satu halaman sekolah yang terendam adalah Sekolah Dasar Negeri Sendang, ketinggian air yang merendam halaman sekolah ini mencapai 50 centimeter. Selain sekolah, banjir juga melumpuhkan jalan penghubung antar desa. Akibatnya aktivitas lalu lintas warga terganggu.

Edi Suprapto, Kepala BPBD Kabupaten Kediri mengatakan, banjir terjadi ini terjadi akibat tanggul sungai bendo krosok yang mengalir dari pegunungan wilis jebol. Jebolnya tanggul sungai itu, setelah wilayah kediri diguyur hujan deras semalaman.

“Akibat hujan deras terus – menerus menyebabkan debit air sungai Bendo Krosok naik hingga menyebabkan sungai meluap yang berakibat jebolnya tanggul, alu air meluber ke permukiman dan persawahan warga,” jelas Edi. 

Tidak hanya jalan, puluhan hektar sawah milik warga juga ikut terendam banjir. Akibatnya padi milik petani terancam gagal panen.

Editor : Rohman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network