get app
inews
Aa Read Next : Tak Kapok Dibikin Babak Belur, Ini Ancaman Ade Armando Untuk Pengeroyoknya

Jangan Kaget Bila Suatu Hari Bahasa Jawa Mendunia, Ini Alasannya

Sabtu, 23 April 2022 | 16:56 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Instagram/@budayajawa.id)

KEDIRI, iNewsKediri  - Bahasa Jawa merupakan salah satu kekayaan dan aset budaya bangsa Indonesia yang cukup dikenal. Suku Jawa sendiri merupakan salah satu suku terbesar di tanah air.

Saat ini popularitas bahasa Jawa telah menyebar ke beberapa negara. Karena itu, kiranya sudah pantas bila dikatakan bahasa Jawa layak mendunia. Berikut alasan bahasa Jawa mungkin mendunia.

 

1. Pengguna menyebar seantero dunia

Bukan hanya di Indonesia, penuturan Bahasa Jawa tersebar di seluruh dunia lho! Bahkan sejumlah Negara seperti Suriname menjadikan bahasa tersebut sebagai salah satu bahasa nasionalnya.

Selain itu, penuturan Bahasa Jawa juga terdapat di Belanda seiring adanya sejarah di masa lampau. Bahkan di Negeri Kincir Angin itu, terdapat jurusan khusus yang mempelajari Bahasa Jawa di universitasnya!

 

2. Miliki banyak turunan kata

Salah satu fakta menarik dari Bahasa Jawa adalah diksinya yang kaya atau punya banyak turunan kata. Semisal untuk satu kata 'jatuh', punya banyak jenis penyebutan, semisal 'Ceblok' , 'Lugur', 'Njungkel', dan masih banyak lagi.

 

3. Terdiri banyak dialek

Sama seperti Bahasa Inggris yang punya dua dialek secara umum yakni English Amerika dan British, Bahasa Jawa juga punya lebih dari satu dialek bahkan jumlahnya terbilang banyak lho!

Contohnya saja penggunaan Bahasa Jawa di Jawa Timur, sangat jauh berbeda dengan masyarakat di Jawa Tengah.

Ada juga Bahasa Jawa 'Ngapak' yang dituturkan oleh masyarakat di daerah pesisir utara Jawa. Jadi layak lah ya Bahasa Jawa jadi bahasa yang mendunia!

 

4. Punya tingkatan terkait lawan bicara

Jika Bahasa Inggris secara umum memiliki tingkat yang terkait dengan waktu dari konteks pembicaraan, Bahasa Jawa memiliki tingkat yang terkait dengan lawan bicaranya.

Tingkatan itu ada 3 yakni Ngoko, Kromo dan Kromo Inggil. Bahasa Jawa Ngoko yang digunakan saat kita berbicara atau berinteraksi dengan kawan sebaya atau yang lebih muda.

Sedangkan penggunaan Krama dan Krama Inggil adalah untuk lawan bicara yang lebih tua.

 

5. Bisa ditulis dalam berbagai aksara

Satu keunikan sekaligus keunggulan Bahasa Jawa adalah dapat ditulis lebih dari satu huruf. Selain alfabet, ada juga huruf Jawa atau yang lebih dikenal sebagai 'Hanacaraka'.

Bahkan Bahasa Jawa juga bisa ditulis dalam huruf Arab yang termodifikasi lho. Nah, keren enggak tuh!

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut