get app
inews
Aa Read Next : Terpisah 1,5 Tahun dan Tahu Istri Hamil Lagi, Lelaki Ini Benamkan Dahi di Bandara Malaysia

asus Covid-19 Melandai dan Capaian Vaksinasi Tinggi, Warga di 4 Negara Ini Tak Pakai Masker Lagi

Selasa, 29 Maret 2022 | 10:00 WIB
header img
4 negara di dunia ini sudah tak lagi terapkan memakai masker. (Sumber/ Freepik)

KEDIRI, iNewsKediri - Perkembangan kasus Covid-19 di sejumlah negara di dunia tak sama. Ada yang masih tinggi dan ada juga yang kasusnya sudah melandai.

Saat ini, diketahui ada beberapa negara yang perkembangan kasus Covid-19 yang terus menunjukan tren perbaikan dan capaian vaksinasi Covid-19 juga tinggi. Sehingga, di negara tersebut sudah tak lagi mewajibkan warganya untuk memakai masker dalam melakukan aktivitas sehari hari.

Ada 4 negara yang sudah tak mewajibkan warganya untuk tidak memakai masker.

Berikut ini simak informasi lengkapnya dan dikutip dari berbagai sumber :

1. Spanyol

Spanyol merupakan negara yang membolehkan lepas masker. Di Negeri Matador ini tingkat vaksinasinya sudah tinggi, jumlah infeksi mengalami penurunan, dan angka rawat inap yang lebih rendah daripada selama lonjakan Covid-19 sebelumnya. 

"Harus ada momen di mana kita harus menormalkan, mulai (memiliki) kehidupan normal, untuk menguji bagaimana segala sesuatunya bekerja," ungkap Sara de la Rubia, seorang perawat berusia 45 tahun di Madrid, seperti dikutip dari ABC News pada Sabtu (26/3/2022).

2. Italia 

Orang Italia juga mengikuti Spanyol. Mereka bisa pergi ke luar rumah tanpa masker. Di sini, hampir 30% lebih sedikit kasus baru dalam minggu lalu. Pemerintah Italia sedang mendiskusikan pencabutan keadaan darurat pada 31 Maret nanti, dan bersamaan dengan itu, mandat masker dalam ruangan diberlakukan pada awal krisis kesehatan.

Hal tersebut, bertujuan menguji tingkat vaksinasi mereka. Sebagaimana Spanyol, sekitar 82% populasi di Italia sudah menjalani dua dosis vaksin. Tingkat rawat inap pasien Covid-19 di rumah sakit juga lebih rendah dibanding lonjakan infeksi sebelumnya. 

3. Inggris Inggris juga menjadi negara yang baru saja melepas mandat masker, hingga meniadakan karantina bagi wisatawan mancanegara. Langkah ini didasari keputusan yang diambil pemerintah Inggris, sebagaimana tercantum dalam rencana Hidup Berdampingan dengan Covid-19. Inggris juga memiliki catatan 86% dari total populasi telah menerima dosis kedua, dan 67% dari populasi telah mendapatkan booster atau dosis ketiga. 

"Kami tidak lagi melakukan karantina, testing Covid-19, seperti antigen, PCR. Kami sangat terbuka," tegas Duta Besar Owen Jenkins dalam peluncuran buku panduan pelancong WNI di Jakarta, Kamis, 24 Maret 2022.

4. Amerika Serikat (New York) 

Pada 9 Februari lalu, Gubernur New York dan Illinois mengumumkan bahwa akan mengakhiri mandat Covid-19 mereka yang mengharuskan penutup wajah di sebagian besar tempat umum dalam ruangan, tetapi tetap untuk sekolah.

"Di Massachusetts, siswa dan guru tidak lagi diharuskan memakai masker di sekolah setelah 28 Februari," kata Gubernur Massachusetts, Charlie Baker. 

 "Sudah waktunya untuk memberi anak-anak kita rasa normal," lanjutnya. 
 

Editor : Moch Robby

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut