get app
inews
Aa Read Next : Jangan Kaget Bila Suatu Hari Bahasa Jawa Mendunia, Ini Alasannya

Saran Gus Mus Tak Semua Masjid Dipakai Jumatan, Bikin MUI Bersikap

Sabtu, 19 Maret 2022 | 10:27 WIB
header img
Gus Mus (foto: MNC Portal)

JAKARTA, iNewsKediri – KH Mustofa Bisri atau Gus Mus menyarankan tidak semua masjid dipakai salat Jumat.

Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas menanggapi pernyataan Gus Mus dengan mengatakan anjuran Gus Mus cocok diterapkan di daerah. Yakni terutama masjid berukuran besar dengan jumlah jamaah sedikit.

Sebab saat mereka melakukan salat jumat atau biasa tersebar di masjid-masjid kecil di sekitarnya. “Saya pernah salat subuh di sebuah Masjid Agung yang sangat besar tapi jamaah salat subuhnya hanya 7 orang dengan saya dan imamnya,“  kata Anwar kepada MNC Portal, Jumat (18/03/2022).

Sebelumnya, Gus Mus yang juga Mustasyar PBNU mengatakan pada zaman Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, umat muslim melaksanakan salat Jumat dengan berkumpul di Masjid Nabawi. Meski pada saat itu telah banyak masjid-masjid yang muncul disana.

Ketua PP Muhammadiyah menyampaikan bahwa sedikitnya jamaah tidak lain karena tersebarnya jamaah lain ke masjid masjid kecil.

Sehingga pandangan Gus Mus akan penerapan sholat Jumat secara terpusat dinilai cukup baik guna meningkatkan syiar dan kesemarakan masjid-masjid besar di Indonesia.

“Jadi imbauan Gus Mus itu menurut saya terasa sangat penting untuk kita perhatikan di daerah yang seperti itu. Karena hal demikian akan membuat syiar dan kesemarakan salat jumat akan meningkat,” pungkasnya.

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut