get app
inews
Aa Read Next : Didominasi Perkara Narkoba, Barang Bukti Dari 128 Perkara Tindak Pidana Dimusnahkan

Narkoba Hendak Dilempar ke Dalam Lapas Berhasil Digagalkan, Pelaku terekam CCTV

Jum'at, 28 Juni 2024 | 12:39 WIB
header img
petuasg memeriksa rekaman CCTV. Foto : iNewsKediri.id/ Dok. Lapas Kediri

KEDIRI, InewsKediri.id - Upaya penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu ke dalam Lapas Kelas 2A Kediri berhasil digagalkan petugas. Barang-barang tersebut dilempar oleh orang tak dikenal (OTK) dari luar tembok Lapas ke dalam area Lapas, Kamis (27/06/24).

Pengagaglan tersebut bermula saat petugas operator pengawasan CCTV di ruang kontrol room melaksanakan pengawasan di area seputaran blok dan lingkungan Lapas, pada saat melakukan pengawasan tersebut, petugas operator melihat terdapat 2 orang tidak dikenal dengan gerak gerik mencurigakan, yakni dengan menggunakan sepeda motor melakukan pelemparan 2 bungkusan plastik hitam dari luar tembok ke dalam area Lapas pada hari Kamis (27/6/2024) sekitar pukul 11.35 WIB.

Atas kecurigaan tersebut, selanutnya petugas operator CCTV melaporkannya kepada Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP). Selanjutnya kepala KPLP memerintahkan kepada petugas pos dan komandan jaga untuk melakukan pengecekan dan mengamankan area tempat jatuhnya pelemparan barang tersebut. Jajaran regu pengamanan KPLP dan keamanan ketertiban bersama-sama mencari barang hasil lemparan tersebut dan berhasil ditemukan di area cell dengan posisi barang tersangkut di atas atap kawat berduri, lalu barang tersebut diamankan di ruangan KPLP.

Plt Kalapas Kediri, Budi Ruswanto mengatakan, keberhasilan ini menunjukkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan petugas dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta hasil dari deteksi dini dan patroli rutin di dalam lingkungan Lapas.

"Keberhasilan tersebut berkat upaya disiplin deteksi dini dan patroli rutin “Back to Basic” di sekitar area Lapas untuk mencegah masuknya barang-barang terlarang dan ini adalah bukti komitmen kami dalam menjaga Lapas Kediri tetap bersih dari narkotika dan barang terlarang lainnya," ujarnya, Jumat (28/6/2024).

Mendapati barang mencurigakan tersebut, selanjutnya petugas Lapas Kediri langsung melakukan pemeriksaan, selanjutnya Plt.Kalapas memerintahkan Kepala KPLP, Wenda Indra Bachtiar untuk menghubungi Kasat Narkoba Polres Kediri Kota untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pada pukul 12.15 WIB  Tim Satres Narkoba Polres Kediri kota berjumlah 4 orang tiba ke Lapas dan langsung memeriksa bungkusan plastik mencurigakan tersebut.

Lapas Kediri terus berupaya untuk meningkatkan keamanan dan pengawasan guna memastikan lingkungan yang aman dan bebas dari barang-barang terlarang. Sesuai arahan KaKanwil Kemenkumham Jawa Timur Heni Yuwono bahwa upaya ini juga merupakan bagian dari komitmen Lapas Kediri dalam mendukung program pemerintah untuk memberantas peredaran narkotika di Indonesia.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut