get app
inews
Aa Read Next : Melanggar, Ratusan Poster Caleg dan Capres Dibredel Bawaslu dan Satpol PP

Lele Jumbo Ramaikan Kontes Ageng-agengan Lele di Kabupaten Kediri

Senin, 27 Mei 2024 | 08:25 WIB
header img
Juri menilai bobot dan kesehatan ikan lele. Foto: iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri.id - Kontes ikan hias mungkin sudah biasa dan sering diadakan, namun kontes ageng-agengan (besar-besaran) ikan lele mungkin terdengar unik. Nah untuk lebih memajukan dan mengenalkan ikan lele kepada masyarakat luas, puluhan peternak ikan lele di Kabupaten Kediri Jawa Timur mengikuti kontes tersebut, yang diadakan di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri.

Dalam kontes ini lebih dari 60 ekor ikan berkumis yang biasa sebagai lauk  itu diukur mulai dari berat badan, panjang hingga kesehatannya untuk penentuan sebagai juara. Tidak hanya sebesar lengan orang dewasa saja, bahkan ada ikan lele yang besarnya seukuran paha orang dewasa dengan bobok lebih dari 10 kg ikut dalam kontes ageng-agengan (besar-besaran) tersebut.

Satu-persatu ikan lele berukuran jumbo diambil dari bak kolam untuk diukur bobot dan panjangnya. Saking besarnya ikan lele, tidak cukup satu petugas untuk mengambil dari tempat penampungan ikan lele, namun harus 2 petugas.

Ketua panitia kontes ageng-agengan ikan lele Nur Hafid mengatakan, pihaknya sengaja menggelar kontes ikan lele karena Kabupaten Kediri merupakan sentra peternak ikan lele, baik untuk benih maupun konsumsi. Tercatat untuk benih lele, kabupaten Kediri bisa menghasilkan 13 milyar ekor pertahun, dan untuk konsumsi sebanyak 16 ribu ton pertahun.

“Dalam kontes ageng-agengan ikan lele ini ada 61 ekor dengan ukuran jumbo dari Kabupaten Kediri yang ikut. Kontes ini juga untuk lebih mengenalkan ikan lele ke luar wilayah Kabupaten Kediri. Karena budidaya ikan lele mencapai 13 milyar ekor pertahun untuk benih dengan nilai Rp 1,3 triliun, dan untuk konsumsi sebanyak 16 ribu ton pertahun dengan nominal Rp 450 miliar,” jelas Nur Hafid.

Sementara salah satu peserta ageng-agengan ikan lele Yunus mengaku, dengan adanya kontes ini membuat peternak lebih termotivasi dalam budidaya ikan lele. Dan untuk membesarkan ikan lele hingga berukuran jumbo, ada beberapa cara atau metode, salah satunya membuat lele nyaman dan seperti berada di alam nya sendiri.

“Jadi untuk membuat ikan lele berukuran besar, yang perlu diperhatikan adalah kolam ikan, yang harus sesuai dengan habitat aslinya. Selanjutnya makanannya juga perlu diperhatikan, dan paling penting mengandung protein untuk ikan lele itu sendiri,” kata Yunus.

Dalam kontes ini, rata-rata bobot ikan lele mulai 5 kilogram sampai lebih dari 10 kilogram, dengan panjang lebih dari 1 meter. Pihak panitia juga menyediakan doorprize dan uang pembinaan bagi peternak yang ikan lele nya keluar sebagai pemenang.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut