get app
inews
Aa Read Next : Elon Musk Akan Hadir di B20 Summit Indonesia, Ini yang Akan Ia Lakukan

Ajang Piala AFF U-23 Tanpa Ada Timnas Indonesia, Timnas Malaysia Tak Menargetkan Juara

Selasa, 15 Februari 2022 | 18:30 WIB
header img
Gagalnya Timnas Indonesia mengikuti Piala AFF U-23 membuat Media Malaysia mengklaim Timnya akan berpeluang menjadi juara (Sumber/Instagram@famalaysia)

KEDIRI, iNewsKediri - Pada ajang Piala AFF U-23 Timnas Indonesia dipastikan sudah mengundurkan diri atau membatalkan keikutsertaannya pada ajang tersebut.

Karena sejumlah pemain dan official terpapar Covid-19.

Mesti tak ada Timnas Indonesia, Timnas Malaysia yang merupakan musuh bebuyutan sejak lama tidak menargetkan untuk meraih juara pada ajang Piala AFF U-23.

Hal ini disampaikan oleh Pelatih Timnas Malaysia U-23, Brad Maloney.

Secara pribadi, Brad Maloney meremehkan turnamen Piala AFF U-23 2022 yang dilangsungkan di Kamboja pada 14-26 Februari 2022.

Ia menyebut Piala AFF U-23 2022 hanyalah batu loncatan sebelum skuad Harimau Muda tampil di Piala Asia U-23 2022 pada 1-19 Juni 2022 di Uzbekistan.

Berhubung hanya menjadikan Piala AFF U-23 2022 sebagai batu loncatan, Brad Maloney tak menargetkan gelar juara di ajang ini.

Padahal di Piala AFF U-23 2022, tim kuat Timnas Indonesia U-23 tak ambil bagian.

Sekadar diketahui, Timnas Indonesia U-23 secara mengejutkan mundur dari Piala AFF U-23 2022 pada Jumat, 11 Februari 2022.

Alasan utamanya karena sejumlah pemain terpapar Covid-19. Selain itu, beberapa pemain juga tengah dibekap cedera.

Faktor itu membuat sedikit pemain yang fit untuk dapat diturunkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Kondisi itu membuat Shin Tae-yong mengirimkan surat resmi kepada PSSI yang berisi permintaan agar Garuda Muda mundur dari turnamen dua tahuann tersebut.

Pada akhirnya, PSSI mengabulkan permintaan itu. Keputusan itu sebenarnya cukup disayangkan, mengingat Timnas Indonesia U-23 berstatus juara bertahan pada turnamen edisi kali ini.

Dengan absennya Timnas Indonesia U-23, praktis hanya ada tiga tim saja di Grup B. Mereka adalah Myanmar, Malaysia, dan Laos.

Harimau Malaya Muda pun menjadi salah satu favorit di turnamen edisi kali ini, mengingat Thailand dan Vietnam pun tak mengirimkan skuad U-23 mereka.

Meski begitu, pelatih Timnas Malaysia U-23 justru berpendapat lain. Ia menegaskan bahwa Harimau Malaya Muda bukanlah tim favorit juara di turnamen tersebut.

Pasalnya,dia memanfaatkan turnamen tersebut untuk menambah jam terbang sejumlah penggawa mudanya.

“Kami bukan favorit. Kami memanfaatkan turnamen ini sebagai ujian menjelang turnamen yang lebih prioritas (Piala Asia U-23 2022, SEA Games 2021 dan Asian Games 2022,” ujar Bad Maloney mengutip dari New Straits Times Selasa 15 Februari 2022.

“Saya tidak yakin mengapa kami sekarang menjadi favorit. Kami memiliki (beberapa) pemain yang akan melakukan debut internasional mereka di sini," tutup pelatih asal Australia itu.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut