get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Kediri Serbu Bazar Sembako Murah Dan Penukaran Uang Baru Oleh Bank Indonesia Kediri

Cegah Peristiwa Kriminal Jelang Idul Fitri, Petugas Gencar Razia dan Patroli Jalanan

Kamis, 20 April 2023 | 08:55 WIB
header img
Polisi menggeledah pengunjung warung. Foto: iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri.id - Mengantisipasi terjadinya peristiwa kejahatan jalanan menjelang Idul Fitri, petugas gabungan Satuan Reserse Kriminal dan Reserse Narkoba Polres Kediri Kota, Jawa Timur, menggelar patroli dan melakukan razia ke sejumlah lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat atau keramaian.

 

Dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim dan Kasat Resnarkoba, puluhan petugas gabungan melakukan penyisiran di sejumlah ruas jalan protokol dan jalan baru kawasan bandara Kediri, Jawa Timur. Penyisiran dan patroli tersebut dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya peristiwa kriminal jalanan menjelang Idul Fitri, yang cenderung meningkat.

 

Selain patroli keliling, petugas juga mendatangi lokasi-lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat, seperti warung, kafe dan persewaan game. Satu persatu pengunjung warung dan kafe digeledah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti adanya narkoba, senjata tajam, maupun benda ilegal lainnya.

 

Kasat Reskrim Polres Kediri Kota, AKP Tomy Prambana mengatakan, bahwa saat mendekati lebaran Idul Fitri tingkat kriminalitas cenderung meningkat, karena itu untuk mengatisipasi hal tersebut, petugas gabungan secara intensif melakukan patroli, untuk mencegah terjadinya tindakan kriminal menjelang idul fitri.

 

“Patroli ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diiginkan menjelang lebaran, patroli dilakukan di tempat-tempat rawan, seperti jalan baru bandara dan kafe-kafe,” jelas AKP Tomy Kamis dini hari (20/4/2023). 

 

AKP Tomy menambahkan, selain patroli jalanan, petugas gabungan juga menyisir perumahan warga untuk mengajak bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar lingkungan dengan memperketat pengawasan terhadap kendaraan yang masuk dan keluar di area perumahan. melalui jargon JARUM JAKA (Jaga Rumah, Jaga Kendaraan).

 

"Karena potensi kriminal masih di pemukiman, maka pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan pengawasan di lingkungannya, karena mencegah lebih baik daripada mengobati,” imbuh Tomy.

 

Bagi masyarakat yang mau mudik bisa menitipkan rumah dan kendaraannya kepada pihak kepolisian, baik Polsek maupun Polres. Diharapkan dengan adanya pengamanan dari pihak kepolisian ini dapat membantu masyarakat untuk merasa aman dan nyaman selama melaksanakan ibadah. 

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut