get app
inews
Aa Read Next : Gelar Silaturahmi, KAHMI Blitar Tekankan Kader HMI Harus Merawat Nalar Kritis

Diguyur Hujan Terus Menerus, Blitar Akhirnya Terendam Banjir

Senin, 17 Oktober 2022 | 14:08 WIB
header img

KEDIRI, iNewsKediri - Blitar saat ini tenagh dilanda banjir.

BPBD Kabupaten Blitar lun segera turun untuk mengevakuasi warga.

Dalam evakuasi tersebut, warga yang diprioritaskan adalah balita, warga sakit, dan warga rentan lainnya.

Diketahui sejak Sabtu (15/10/2022) sebagian wilayah Selatan Kabupaten Blitar terus diguyur hujan.

Hujan dengan intensitas sedang hingga deras mengakibatkan beberapa titik di Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar terendam banjir hingga satu meter.

Hujan yang terus menerus selama tiga hari diduga membuat beberapa aliran sungai meluap. Diketahui jika Kecamatan Sutojayan merupakan daerah yang dikelilingi oleh sungai besar seperti sungai brantas, hingga dijadikan sebagai jalur irigasi Lodagung (Parit Lodoyo-Tulungagung).

Ketinggian banjir sudah mencapai satu meter. Banjir juga menggenangi beberapa ruas jalan serta pemukiman masyarakat.

Menurut warga sekitar, banjir kali ini merupakan banjir terparah sejak tiga tahun terakhir. Selain itu, dugaan sementara banjir terjadi akibat luapan dari beberapa sungai dan yang paling besar menyumbang debit air adalah luapan sungai Bogel.

"Banjir kali ini merupakan yang terparah sejak tiga tahun terakhir, hujan sudah terjadi sejak pukul 9 malam kemarin hingga hari ini belum berhenti." Jelas Pardi, warga Kelurahan Sutojayan.

Banjir juga menyebabkan beberapa rumah warga terendam dan perabotan rumah tangga ada yang rusak serta terapung. Hingga hari ini proses evakuasi warga masih terus dilakukan oleh gabungan BPBD, Tagana, Polisi dan TNI.

Windu Susilo, Kabid Kedaruratan BPBD Kab. Blitar menjelaskan jika pihaknya masih melakukan assesment untuk mengetahui pasti luapan sungai yang menjadi penyebab banjir.

Pihaknya juga menambahkan jika beberapa desa yang terdampak diantaranya, Kelurahan Sutojayan, Desa Kedungbunder, dan Desa Bacem.

"Wilayah yang terdampak banjir hari ini ada di Kelurahan Sutojayan, Desa Kedungbunder dan juga Desa Bacem. Kami juga masih terus melakukan assesment untuk mengetahui titik lokasi banjir berada di sungai Bogel atau lainnya." Papar Windu Susilo, Kabid Kedaruratan BPBD Kab. Blitar.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut