get app
inews
Aa Read Next : Mr. P Lemas Saat Hendak Berhubungan Seks, Ini yang Harus Dilakukan Menurut Kesehatan

Muncul Benjolan di Miss V, Ini Cara Alami Mengatasinya

Rabu, 12 Oktober 2022 | 18:25 WIB
header img
( Foto : MNC Media)

KEDIRI, iNewsKediri - Cara Menyembuhkan Benjolan di Bibir Miss V Sebelah Kiri tidak boleh sembarangan dilakukan.

Pasalnya benjolan di bibir Miss V artinya perlu penanganan ekstra, bahkan tindakan medis disarankan jika benjolannya menyebabkan rasa sakit tak kunjung sembuh.

Benjolan yang muncul di area Miss V perlu ditangani serius. Bahkan, kemerahan, rasa gatal yang tidak wajar, atau ruam pun tidak boleh dianggap biasa.

Memang perlu penanganan serius jika sudah menyangkut area kelamin.

"Jika Anda khawatir soal penyebab benjolan atau kondisinya tidak kunjung membaik, jangan malu datang ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat," kata dr. Ann Nainan, dikutip dari Live Healthy, Rabu (12/10/2022).

Munculnya benjolan di bibir Miss V sebelah kiri ini bisa dipicu oleh beberapa faktor.

Salah satunya adalah kista, kista sendiri merupakan benjolan berisi cairan yang muncul di vulva atau area Miss V lainnya.

Ukuran kista mulai dari sebesar kacang polong hingga jeruk.

Selain akibat kista, benjolan muncul bisa karena bintik fordyce, varises, rambut kemaluan yang tumbuh ke dalam akibat proses pencukuran bulu kemaluan yang tidak benar, lichen sclerosus, herpes kelamin, kutil kelamin, atau juga kondisi vaginal skin tags.

Lantas, bagaimana cara menyembuhkan benjolan di bibir Miss V sebelah kiri? dr. Ann menyatakan, jika benjolan itu terkait dengan kista, artinya tidak selalu perlu diobati, terlebih jika ukurannya kecil dan tidak menimbulkan gejala.

Namun, dokter biasanya akan tetap meresepkan obat penghilang rasa sakit jika ada gejala nyeri di benjolan tersebut.

Saran lainnya, Anda bisa melakukan kompres air hangat di area Miss V beberapa kali sehari selama tiga sampai empat hari.

Cara penanganan lain, seperti dijelaskan di laman Healthline yakni bisa dengan hindari mengenakan pakaian yang menggosok area Miss V Anda.

Artinya, jangan pakai celana dalam yang terlalu ketat dan pilih celana dalam yang material bahannya lembut.

"Kenakan celana dalam yang bahannya katun. Bahan alami bisa menyerap keringat dan dapat membantu menjaga alat kelmain tetap sejuk dan kering," sebagaimana dikutip dari Healhline.

Jadi, itu dia cara menyembuhkan benjolan di bibir Miss V sebelah kiri. Ingat, penting untuk Anda mengenali area genital sendiri dan memantau kondisinya.

Jika menemukan kondisi yang tidak beres, disarankan untuk segera periksa ke dokter.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut