Logo Network
Network

Ciri-ciri Orang yang Akan Masuk Surga Allah, Bisa Dilihat dari Kebiasaan Sehari-hari

Aris Setyo
.
Senin, 19 September 2022 | 12:00 WIB
Ciri-ciri Orang yang Akan Masuk Surga Allah, Bisa Dilihat dari Kebiasaan Sehari-hari
Ilustrasi kemuliaan dari bertaqwa yang mempermudah masuk surga (Foto : Istockphoto)

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ)1( الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ )2( وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ )3( وَالَّذِينَ هُمْ لِلزَّكَاةِ فَاعِلُونَ (4) وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ (5) إِلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ (6) فَمَنِ ابْتَغَى وَرَاءَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْعَادُونَ (7) وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ (8) وَالَّذِينَ هُمْ عَلَى صَلَوَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ (9) أُولَئِكَ هُمُ الْوَارِثُونَ (10) الَّذِينَ يَرِثُونَ الْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (11)

"(1) Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (2) (yaitu) orang yang khusyuk dalam sholatnya, (3) dan orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna, (4) dan orang-orang yang menunaikan zakat, (5) dan orang yang memelihara kemaluan, (6) kecuali kepada istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka tidak tercela. (7) Tetapi barang siapa mencari dibalik itu (zina dan sebagainya), maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. (8) Dan sungguh beruntung orang yang memelihara amanah-amanah dan janjinya, (9) serta orang yang memelihara sholatnya. (10) Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (11) (yakni) yang akan mewarisi (surga) firdaus, mereka kekal di dalamnya." (QS Al Mu'minun: 1–11)

Berdasarkan 11 ayat tersebut terdapat enam golongan yang akan masuk surga firdaus, yaitu:

1. Orang yang khusyuk sholat

Orang yang khusyuk dalam sholatnya, meskipun berat, harus selalu diusahakan dengan cara berserah diri, tulus, ikhlas, dan memusatkan perhatian hanya kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

2. Orang yang menjauhkan diri dari perbuatan tidak berguna

Orang-orang yang menjauhkan diri dari perbuatan tidak berguna adalah mereka yang senantiasa memilih perbuatan bermanfaat daripada menyia-nyiakan waktu. Orang-orang ini akan selalu meninggalkan kebatilan dan sumpah yang tidak perlu.

Follow Berita iNews Kediri di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Tag :
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.