get app
inews
Aa Read Next : BI Kediri siapkan Rp 4,8 Triliun Uang Baru Untuk Tradisi Bagi Uang Baru Saat Lebaran

Lestarikan Tradisi Islam, Ratusan Warga Gelar Kirab Mahkota Masjid

Minggu, 21 Agustus 2022 | 16:29 WIB
header img

KEDIRI, iNewsKediri - Beragam cara dilakukan mayarakat untuk melestarikan sebuah tradisi Islami, seperti halnya yang dilakukan ratusan warga Lingkungan Trate Dusun Dawung, Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Minggu, (21/8/2022) menggelar kirab mahkota menara masjid.

Selain melestarikan tradisi, kegiatan ini merupakan wujud syukur masyarakat terhadap Tuhan YME, karena proses pembangunan masjid telah rampung.

Dengan ditandu oleh 8 orang, Mahkota Masjid dikirab keliling kampung, dengan diiringi lantunan sholawat, yang dibawakan oleh grup rebana, dan diikuti oleh ratusan warga Lingkungan Trate. 

Moha, tokoh masyarakat Lingkungan Trate mengatakan, kirab mahkota ini, bertujuan sebagai wujud syukur kepada Tuhan, karena proses pembangunan Masjid Al Mubarok di Lingkungan setempat sudah hampir selesai, serta bentuk kerukunan warga Lingkungan Trate, yang sudah terjalin sejak dahulu. 

"Kirab mahkota dimulai dari halaman Masjid Al-Mubarok, diarak keliling kampung dan kembali finish di lingkungan Masjid. Selain untuk melestarikan tradisi islami, kegiatan ini juga merupakan bentuk kerukunan di antara warga, yang bersatu padu dalam menyelesaikan atau menghadapi apapun," tutur Moha.  

Setelah di kirab keliling Kampung, mahkota menara masjid kemudian dipasang di atas kubah Masjid, sebagai tanda Masjid Al-Mubarok siap digunakan untuk sholat berjamaah setiap harinya. 

"Jadi setelah Mahkota Menara Masjid dipasang, Ta'mir Masjid Al Mubarok akan segera mengirimkan surat kepada Kementrian Agama Kabupaten Kediri, untuk meminta izin melakukan ibadah sholat Jum'at di Masjid Al Mubarok," kata Ahmad Shodik, tokoh agama Lingkungan Trate. 

Sebelum mahkota menara masjid dipasang, ta'mir masjid juga memberikan doorprize kepada ratusan warga yang mengikuti kirab mahkota. 

Untuk lebih menyemarakkan kegiatan tersebut, pemerintah desa membagikan doorprize berupa peralatan kebutuhan dapur, agar nanti ibu-ibu yang selama ini memberikan support terhadap pembangunan Masjid Al Mubarok sedikit terbantu. 

"Jadi kami dari Pemerintah Desa mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh ta'mir dan remaja Masjid Al Mubarok. Kita juga memberikan support hadiah terhadap kegiatan tersebut. Intinya kita mengapresiasi Kirab Mahkota, karena untuk meng uri-uri tradisi islami yang saat ini jarang dilakukan," Tutup Heru Pranoto, Kepala Dusun Dawung Desa Pagu.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut