get app
inews
Aa Read Next : Tradisi Manusuk Sima, Peringati HUT Kota Kediri

Kenalkan Jati Diri Desa, Kepala Desa Modangan Gagas Lahirnya Barong Warak

Rabu, 29 Juni 2022 | 15:34 WIB
header img
Kepala desa Modangan, Moch. Bisri Mustofa bersama barong warak

BLITAR, iNewsKediriKepala Desa Modangan, Moch. Bisri Mustofa kenalkan barong Warak dalam pagelaran Kirab Tumpeng Agung ke XI, Senin (27/06). Dalam pagelaran Kirab Tumpeng Agung sepanjang Desa Modangan hingga Desa Penataran tersebut barong Warak turut diarak setelah dilakukannya ritual khusus di situs Arca Warak Desa Modangan, Kabupaten Blitar.

Barong warak yang merupakan ikon Desa Modangan tersebut lahir atas gagasan Kepala Desa Modangan yang melihat potensi dari sejarah desa dan juga sebagai literatur nguri-nguri budaya leluhur. 

Lahirnya Barong Warak sendiri muncul ketika Kepala Desa Modangan, Moch. Bisri Mustofa sedang berada dilingkungan situs Arca Warak, kemudian melihat patung warak yang sangat iconic dan juga kaya akan makna filosofis. Munculnya ide tersebut juga semakin berkembang ketika beliau bertemu dengan kelompok seni dari masyarakat desa sendiri, sehingga gagasan untuk menciptakan barong Warak ini semakin tinggi.

"Ketika saya berada di situs arca warak di Desa Modangan, tiba-tiba muncul ide ketika saya melihat patung warak. Berawal dari saat itu, tercetuslah ide untuk membuat ikon desa Modangan. Selanjutnya ketika saya melihat aktifitas kesenian pemuda desa, saya melihat adanya barongan sehingga gagasan terkait ide ikon desa tadi saya tuangkan dalam bentuk barong warak'', terang Bisri Mustofa, Kepala Desa Modangan.


Barong Warak, Ikon Desa Modangan yang Syarat akan Nilai Sejarah

Desain dari barong warak diciptakan oleh mahasiswa dari Institut Seni Surakarta (ISI Solo) yang kebetulan sedang melakukan kegiatan KKN di Desa Modangan. Desain yang syarat akan nilai filosofis tersebut kemudian dikelola oleh kelompok kesenian, adat & budaya pemuda desa setempat untuk dilanjutkan proses pembuatan barongan.

Warak sendiri merupakan sosok mitologi yang dipercaya oleh sesepuh desa sebagai sosok yang menjaga desa. Secara umum, gambaran dari sosok mitologi ini bersosok badak namun memiliki belalai gajah. 

Dengan adanya Barong Warak ini, Kepala Desa Modangan berharap Desanya lebih dikenal dalam berbagai potensi dan bidang, khususnya dalam kesenian budaya. Selain itu, Kepala Desa Modangan juga berharap agar warga masyarakat Desa Modangan dapat terus mengenali jati diri dan memahami identitas desanya salah satunya dari Barong Warak tersebut. iNews Kediri

Editor : Moch Robby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut