get app
inews
Aa Read Next : Wakil Presiden Iran Apresiasi Keberhasilan PNM Berdayakan Perempuan Indonesia

Indonesia Diprediksi Hanya Sedikit Mengalami Pertumbuhan Ekonomi, Ekonomi Global Menurun

Kamis, 23 Juni 2022 | 07:25 WIB
header img
Ilustrasi, Sumarni pengrajin rotan senang karena ekonomi menggeliat kembali dan rotan banjir pesanan (Foto: Riant Subekti)

KEDIRI, iNewsKediri - Bank Dunia melaporkan terdapat kemungkinan ekonomi Indonesia tumbuh melambat menjadi 4,6% di tahun 2022 dan hanya 4,7% pada tahun 2023 dalam skenario penurunan ekonomi global.

Lembaga dunia yang bermarkas di Washington DC, Amerika Serikat tersebut memperkirakan pula bahwa dalam skenario terbaik, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 5,1% pada 2022 dan 5,3 persen di 2023.

"Lingkungan ekonomi global dapat menciptakan tekanan ke bawah dalam proyeksi tersebut," ujar Ekonom Utama Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Habib Rab dalam acara Peluncuran Laporan "Indonesia Economic Prospects June 2022" yang dipantau secara daring di Jakarta.

Dia menjelaskan penurunan pertumbuhan ekonomi global secara luas dapat menyebabkan penurunan permintaan ekspor komoditas, memicu pengurangan produksi, dan harga yang lebih tinggi.

Hal tersebut dapat memaksa realokasi fiskal dari pembelanjaan yang mendukung pertumbuhan ekonomi kepada subsidi yang tidak ditargetkan.

"Ini juga bisa berarti biaya pinjaman yang lebih tinggi dan investasi yang lebih rendah," tuturnya. (OZ)

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut