Kresnayana Kawedhar, Festival Kresnayana VII Akan Digelar Lebih Meriah

Ridwan
Festival Kresnayana di Kabupaten Blitar

BLITAR, iNewsKediri– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melaui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar akan kembali menggelar rangkaian acara Festival Kresnayana VII pada 2-4 Juni 2022 di Amphiteater Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

 

Dengan mengangkat judul “Kresnayana Kawedhar” (The Story of Kresna), Festival Kresnayana kali ini akan dikemas lebih meriah dengan dibuka untuk umum dan disiarkan langsung melalui Channel YouTube Pemkab Blitar pada besok Sabtu (4/6/2022) malam mulai pukul 19.00 WIB.

 

Festival Kresnayana VII kali ini juga akan dimeriahkan dengan beberapa rangkaian acara, diantaranya kegiatan Seminar Kepemimpinan, Fashion Show Cakra Palah, Graduation Night Blitar Youth Festival, Pagelaran Sendratari Kresnayana, Pameran UMKM Produk-produk Kreatif hingga Layanan Perizinan Usaha, kependudukan dan Perbankan.

 

Festival Kresnayana merupakan sebuah pagelaran sendratari yang mengangkat ketokohan Sri Kresna sebagai pembawa pesan kedamaian dunia. Kisah Kresnayana tersebut diangkat dari sebuah relief yang ada di Candi Penataran, Nglegok, Kabupaten Blitar.

 

Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengatakan Pagelaran Kresnayana kali ini mulai digelar lebih meriah dengan beberapa rangkaian acara. Hal ini seiring dengan mulai membaiknya situasi pasca pandemi dan adanya pelonggaran dari pemerintah.

 

“Tentunya saat ini situasi sudah semakin membaik dan juga seiring dengan kebijakan pemerintah, Presiden juga mengatakan bahwa di tempat terbuka boleh membuka masker tapi tentunya kita berasumsi bahwa masyarakat kita sudah memiliki kesadaran yang tinggi untuk menjaga prokes. Jadi meskipun festival kali ini lebih longgar namun kami menghimbau seluruh masyarakat yang akan hadir untuk tetap menjaga prokes,” kata Suhendro.

 

Dia menambahkan, dari evaluasi pagelaran-pagelaran sebelumnya, Festival Kresnayana mendapatkan respon sangat baik dan masyarakat sangat antusias untuk bisa menyaksikan festival tersebut secara langsung. Lebih lanjut Suhendro berharap, Festival Kresnayana VII kali ini bisa berjalan lancar, sehingga bisa menjadi sarana edukasi serta pengobat kerinduan masyarakat terhadap event-event kebudayaan di Kabupaten Blitar.

 

“Jadi walaupun situasi sudah membaik kami tetap berharap kita sama-sama menjaga situasi ini agar menjadi lebih baik lagi. Meskipun kali ini lebih longgar namun bukan berarti kita sangat bebas karena kita punya tanggung jawab Bersama bagaimana Festival Kresnayana nanti bisa berjalan dengan lancar,” tuntasnya.

Editor : Moch Robby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network