“Pedihnya” Harga Bawang Merah di Kota Kediri

Kridaning Jatmiko
Warga berbelanja di Pasar Setono Betek Kota Kediri. Foto:iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri.id - Cuaca tak menentu menyebabkan panen sejumlah komoditi sayur mayur gagal, akibatnya harga dipasaran mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Seperti halnya di Pasar Setono Betek Kota Kediri, Jawa Timur, terpantau pada Selasa (30/4/2024) harga bawang merah cukup tinggi hingga menyentuh Rp 60 ribu perkilogramnya.

Tidak hanya bawang merah, kenaikan harga juga terjadi pada komoditi cabai merah besar dan cabai keriting. Untuk harga cabai merah besar, saat ini dijual dengan harga Rp 70 ribu perkilogram, padahal sepekan sebelumnya harga cabai merah besar masih dijual dengan harga Rp 50 ribu perkilogram, dan untuk harga cabai keriting, dijual dengan harga Rp 60 ribu perkilogram, dari harga sebelumnya Rp 40 ribu perkilogram.

Hariana, pedagang sayur mayur di Pasar Setono Betek di Kota Kediri membenarkan, perihal terus naiknya harga sayur mayur dipasaran.

“Untuk harga bawang merah sejak lebaran kemarin terus naik, mungkin karena faktor cuaca, sehingga menyebabkan petani mengalami gangguan panen,” jelasnya.

 

Atas kenaikan harga tesebut cukup dirasakan oleh warga, kendati demikian sejumlah warga tetap membeli lantaran tergolong kebutuhan pokok untuk memasak.

Inda salah satu pembeli bawang merah mengaku cukup keberatan dengan kenaikan harga bawang merah dan cabai tersebut, namun karena memnag dibutuhkan sehingga terpaksa membeli kendati jumlahnya dikurangi dari biasanya.

“harganya melambung, ya sebenernya keberatan tapi mau gimana lagi memang butuh, ya terpaksa dikurangi, kalau biasanya membeli setengah kilo ini tadi cuma membeli seperempat kilo saja,” tuturnya.

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network