get app
inews
Aa
Read Next : Jangan Kaget Bila Suatu Hari Bahasa Jawa Mendunia, Ini Alasannya

Kisah Patpong, Wisata Seks yang Pelanggan Awalnya Tentara Kaya Berkepribadian Cemerlang

Jum'at, 20 Mei 2022 | 10:53 WIB
header img
Patpong di Bangkok, Thailand (moderndiplomacy.eu)

BANGKOKiNewsKediri - Patpong menjadi salah satu kawasan wisata Bangkok Thailand yang sudah lama menarik perhatian para turis penyuka suasana liar bar sekaligus penikmat pertunjukan bertema dewasa.

Di negeri Gajah Puith, Patpong memiliki cap sebagai kawasan wisata seks. Ramai wisatawan berkunjung ke sana.

Seorang musisi dunia David Bowie dalam filmnya pernah mengambil adegan di distrik lampu merah Patpong. Seorang perempuan Thailand mengajaknya menonton gadis-gadis di gogobar Superstar yang sedang berpolemik dengan lagu Ricochet. Pesona Patpong telah lama mendunia.

Melansir The Star, Kamis (19/5/2022), pandemi COVID-19 menghentikan semua gemerlap dan bikin Patpong terhenti. Secara perlahan bar-bar dengan lampu neon berkedap-kedip sudah mulai dibuka kembali, namun kedatangan wisatawan tetap rendah.

Beberapa tempat paling terkenal, seperti Bowie's SuperStar, atau Madrid Bar yang terkenal, tidak bertahan.

“Cahaya terang Jalan Patpong perlahan-lahan meredup karena banyak bar dan klub tidak dapat menahan kepala mereka di atas air,” tulis Bangkok Post tahun lalu.

“Tetapi bagi Patpong, pandemi pada dasarnya adalah peluang besar untuk menemukan kembali dirinya sendiri,” kata Michael Messner, seorang Austria yang telah lama tinggal di Bangkok.

Michael Messner adalah putra seniman Wina terkenal Ernst Fuchs (1930-2015) dan dulunya memiliki serangkaian bar di lingkungan itu sendiri. Ia kemudian membuka Museum Patpong pada 2019 untuk menceritakan kisah perkembangan kawasan hiburan tersebut.

Di mana semuanya dimulai?

Dulu, sebelum penari seksi menjamur, ada perkebunan pisang. Imigran Cina Poon Pat, yang dimuliakan oleh raja pada tahun 1930 dan kemudian disebut Luang Patpongpanich, membeli tanah pada tahun 1946 hanya dengan US$3.000 atau Rp44 juta. Keluarganya masih memilikinya sampai sekarang.

Putra Luang, Udom, belajar di Amerika Serikat pada saat itu dan juga memiliki kontak di organisasi yang mendahului Central Intelligence Agency (CIA). Sekembalinya ke Thailand, ia mengembangkan kawasan bisnis pada 1950-an dengan bantuan kontaknya di AS.

Perusahaan-perusahaan dari luar negeri mendirikan toko, sehingga distrik Silom – di mana Patpong berada – mendapat julukan “Bangkok’s Wall Street”.

Penyewa awal termasuk IBM dan Shell, bersama dengan kantor berita UPI dan maskapai Civil Air Transport, yang kemudian menjadi Air America, dan dijalankan oleh badan intelijen AS.

Lantas tentara AS berbondong-bondong ke Bangkok setelah Perang Vietnam, sementara di belakang layar, agen mengoordinasikan operasi rahasia di Laos dan Kamboja melawan Viet Cong dari daerah tersebut.

Pilot, petugas intelijen, perwira, dan jurnalis semuanya berkumpul di Patpong di mana pub dan klub dibuka untuk hiburan mereka, dari Madrid Bar hingga klub jiwa legendaris Mississippi Queen.

“Tentara yang kaya dan berkepribadian cemerlang” adalah pelanggan tetap di Patpong saat itu, kata Messner.

Salah satu perusahaan paling terkenal didirikan pada tahun 1969, ketika mantan tentara AS Rick Menard membuka The Grand Prix. “Itu adalah kelahiran go-go bar di Asia,” kata Messner.

“Inti dari Patpong adalah bar go-go, di mana pengunjung dapat minum koktail dan menikmati kesenangan khusus orang dewasa, semuanya di bawah atap yang sama,” kata situs museumnya.

Kombinasi memabukkan dari wakil, pendamping dan minuman panjang dengan cepat meningkatkan jumlah wisatawan, dan selanjutnya klub, perusahaan, restoran dan panti pijat didirikan.

Kemudian datanglah pertunjukan ping-pong yang terkenal, dengan para wanita muda mengeluarkan... benda-benda dari tubuh mereka selama tindakan mereka.

Penurunan terjadi selama tahun 1990-an ketika Patpong merosot menjadi pasar malam besar yang dipenuhi orang Barat yang mencari suvenir dan seks.

Jalan-jalan sempit menjadi ramai karena semakin banyak bar dan restoran dibuka untuk melayani orang-orang yang ingin menikmati apa yang dianggap sebagai perhentian penting dalam perjalanan ke Bangkok.

Semua itu telah berubah sekarang. Pandemi tampaknya hampir mengatur ulang jam. Patpong hampir tutup selama hampir dua tahun terakhir. Turis baru-baru ini diizinkan kembali ke Thailand.

“Banyak mantan top dog hilang, yang pada gilirannya memberi ruang bagi orang dan konsep baru,” kata Messner.

Museum milik Messner telah membuka pameran seni yang menampilkan potret para pekerja seks. Kedepannya, ia berharap akan ada lebih banyak seni dan budaya di lingkungan sekitarnya untuk mengimbangi sisi yang lebih kumuh.

Bagaimanapun, Patpong selalu lebih dari sekadar menari dan berbelanja. Ini adalah bagian dari sejarah Bangkok.

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut