Logo Network
Network

Penunggu-penunggu Tanah Jawa yang Dipercaya Tak Kalah Menakutkan dari Badarawuhi

Arif
.
Kamis, 19 Mei 2022 | 01:07 WIB
Penunggu-penunggu Tanah Jawa yang Dipercaya Tak Kalah Menakutkan dari Badarawuhi
Selain Badarawuhi, Ini Sosok Siluman Paling Ditakuti di Tanah Jawa (foto istimewa)

JAKARTA, iNewsKediri - Sosok siluman Badarawuhi lagi naik daun dengan dirilisnya film KKN Desa Penari. Badarwuhi merupakan makhluk halus penunggu desa di kawasan Banyuwangi, Jawa Timur.

Nama Badarawuhi menyedot perhatian setelah para netizen tak henti-henti memperbincangkan di media sosial. Banyak yang merasa penasaran dengan alur cerita film KKN di Desa Penari.

Lalu, siapa sebenarnya Badarawuhi? Dan mengapa sosoknya begitu ditakuti?. Film horor yang lagi viral itu bercerita tentang sejumlah mahasiswa yang tengah melakukan KKN di sebuah desa di Banyuwangi.

Satu dari enam mahasiswa diganggu Badarawuhi yang memiliki wujud penari cantik memesona, namun bertubuh ular. Badarawuhi memperlihatkan sosoknya setiap ada yang mengotori atau melanggar wilayah kekuasaanya.

Namun ternyata, bukan sosok siluman Badarawuhi yang ditakuti di Tanah Jawa. Seperti dilansir dari berbagai sumber dengan judul ‘Tak Hanya Badarawuhi pada Kisah KKN di Desa Penari’, 3 Makhluk Gaib ini Juga Ditakuti di Tanah Jawa.

 

1. Nyi Mas Gadung Melati

Menurut kepercayaan Jawa, Nyi Mas Gadung Melati bertugas untuk memelihara serta memberi kehijauan taman Merapi.

2. Semar

Semar merupakan tokoh wayang yang sakti mandraguna. Pamong tokoh mahabarata pandawa lima itu populer sebagai ayah dari petruk, gareng, serta bagong.

Semar merupakan penjaga tanah Jawa yang paling tua usianya. Dalam kepercayaan Jawa pada umumnya, keberadaan Semar diyakini berupa suara tanpa rupa.

Perwujudan Semar diistilahkan mampu mencolo putro mancolo putri yang artinya dapat berwujud dan menyamar sebagai manusia biasa.

3. Prabu Siliwangi

Selain raja yang arif dan bijaksana, Prabu Siliwangi juga dikenal memiliki ilmu sakti dan mandraguna. Sosok Prabu Siliwangi begitu dihormati dan disegani oleh kepercayaan lokal.

Prabu Siliwangi selama hidupnya begitu ditakuti sekaligus disegani rakyatnya. Hal itu sebagaimana dikisahkan pada buku "Hitam Putih Pajajaran : dari Kejayaan hingga Keruntuhan Kerajaan Pajajaran" tulisan Fery Taufiq El Jaquene.

4. Nyi Rantam Sari

Di sebagian masyarakat Jawa Tengah ada sosok makhluk halus yang disegani dengan nama Nyi Rantam Sari atau Dewi Rantam Sari. Kendati dianggap mitos, sebagian warga Brebes, Tegal dan Slawi, merasa segan dan takut.

5. Sabda Palon

Merupakan sosok makhluk gaib yang dipercaya menjadi pelindung dan penjaga raja-raja di Tanah Jawa mulai 525 tahun sebelum Masehi. Sabda Palon yang berilmu tinggi dipercaya sebagai penasihat spiritual Raja Brawijaya V, Raja Majapahit terakhir.

Sabda Palon juga dianggap memiliki kekuatan supranatural yang mampu membuat Waturenggong terkagum-kagum sehingga diangkat menjadi pendeta kerajaan.

Ada juga yang mengatakan Sabda Palon sosok makhluk gaib yang menjaga Gunung Tidar Magelang, sehingga dirinya terlibat pertarungan sengit dengan Syeh Subakir.

Syekh Subakir sendiri merupakan ulama besar yang diutus kesultanan Turki Usmania untuk membersihkan tanah Jawa dari pengaruh gaib.

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Kediri di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.