get app
inews
Aa Read Next : Penyebab Umum Sakit Mata yang Sering Dialami Manusia

Bahaya! Merokok Juga Bisa Sebabkan Gangguan Penglihatan

Selasa, 05 April 2022 | 10:00 WIB
header img
Rokok bisa sebabkan sakit mata

KEDIRI, iNewsKediri - Kebiasaan merokok bisa membuat kita atau bahkan orang lain yang terpapar asap rokok bisa terjangkit berbahaya.

Sejumlah penyakit yang mengintainya seperti penyakit kanker, penyakit pernapasan, kardiovaskular dan lain lain.

Tak hanya itu saja, rokok juga bisa mempengaruhi penglihatan atau mata yakni bisa menyebabkan hilangnya penglihatan.

Mungkin hal ini banyak yang belum mengetahui, kok bisa ya dan apa kaitannya?

Berikut simak penjelasan dari ahlinya :

Dr. Aaradhana Reddy Vitreo, Ahli Bedah Retina dari Rumah Sakit Mata Sadhuram, Hiderabad, India mengatakan, hanya sedikit orang yang menyadari bahwa merokok mampu mempengaruhi kesehatan mata dan yang terparah dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Dr. Vitreo menjelaskan, racun yang ada dalam asap rokok pada akhirnya masuk ke aliran darah yang didistribusikan ke seluruh tubuh termasuk mata.

Hal ini dapat menyebabkan berbagai jenis masalah mata seperti mata kering, katarak, retinopati diabetik, degenerasi makula terkait usia, dan masalah saraf optik.

Sebagian besar kasus tersebut juga dapat menyebabkan kebutaan permanen jika tindakan yang memadai tidak diambil tepat waktu.

"Selain itu, asap tembakau juga dapat mempengaruhi jaringan di sekitar mata yang menyebabkan gangguan pada kelopak mata dan bengkak di bawah mata," kata Dr. Vitreo dilansir dari Indian Express.

Lalu apa saja masalah mata akibat merokok?

1. Mata Kering

Mata kering terjadi ketika jumlah air mata tidak dapat diproduksi oleh mata untuk melumasi permukaan mata.

Gejala mata kering biasanya termasuk kemerahan, perasaan berpasir, ketidaknyamanan umum, dan perih.

Asap tembakau merupakan kontributor utama mata kering karena dapat memecah lapisan lipid dari film air mata.

2. Degenerasi Makula Terkait Usia (AMD)

AMD dimulai dengan hilangnya penglihatan sentral yang menyulitkan seseorang untuk melihat detail halus dan membaca. Seiring berjalannya waktu, kehilangan penglihatan akan meningkat pesat.

Di antara dua jenis AMD (kering dan basah), AMD kering cukup umum terjadi. Dalam kasus AMD kering, timbunan lemak mulai berkumpul di bawah sel penginderaan cahaya di bagian belakang mata (retina).

Pada AMD kering, kehilangan penglihatan biasanya memburuk secara bertahap. Ketika datang ke AMD basah, pembuluh darah kecil di bawah retina pecah atau bocor. Ini mengubah penglihatan dan menyebabkan jaringan parut terbentuk.

3. Katarak

Merokok meningkatkan risiko katarak pada usia berapa pun. Katarak dapat didefinisikan sebagai kekeruhan pada lensa mata yang jernih secara alami. Katarak biasanya memburuk ketika orang bertambah tua.

Muncul sebagian besar pada orang tua dan mereka yang merokok, katarak dapat menyebabkan penglihatan buram dan kabur yang dapat diperbaiki dengan operasi.

4. Glaukoma

Glaukoma adalah sekelompok penyakit mata yang disebabkan oleh peningkatan tekanan di dalam mata. Peningkatan tekanan biasanya disebabkan oleh penumpukan cairan berlebih di dalam mata.

Perhatian utama dengan peningkatan tekanan adalah kerusakan saraf optik, yang merupakan satu-satunya hubungan antara otak dan mata.

Sebuah penelitian pada tahun 2018, menemukan bahwa semakin banyak rokok yang dihisap oleh perokok biasa, semakin besar kemungkinan terkena glaukoma.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut