get app
inews
Aa Read Next : Respect Basketball Academy Juara Sehati Open Tournament

Tips Mencegah Diabetes agar Sembuh dan Tidak Menjadi Kronis

Selasa, 10 Januari 2023 | 07:50 WIB
header img
Konsumsi minuman manis. Foto: ilustrasi/Istimewa

KEDIRI, iNewsKediri - Penyaki diabetes bisa menyerang siapapun, meski berusia muda. Penyakit ini ditandai dengan naiknya kadar gula di dalam darah.

Biasanya penyakit diabetes berkaitan dengan faktor keturunan hingga obesitas. Dalam pencegahan penyakit diabetes ada dua tipe.

Diabetes tipe 1 yang sulit dilakukan karena berhubungan dengan faktor genetik.

Sedangkan diabetes tipe 2 yang umumnya bermula dari gaya hidup tidak sehat dan masih bisa dicegah.

Jika diabetes parah, dan tubuh mengalami luka yang tak sembuh-sembuh bisa berakhir seperti Suti Karno yang kakinya terpaksa diamputasi. Oleh karena itu, kita harus lebih waspada dalam mencegah terkena diabetes,

Berikut 6 cara alami mencegah sakit diabetes, seperti dirangkum dari Gundersen Health.

1. Kurangi gula dan karbohidrat olahan dari makanan

 

Kurangi konsumsi gula dan makanan yang tinggi karbohidrat olahan, sebab bisa meningkatkan kadar gula dan insulin yang bisa menyebabkan diabetes seiring waktu. Contoh karbohidrat olahan adalah roti putih, kentang, dan banyak sereal sarapan. Sebaliknya, batasi gula dan pilih karbohidrat kompleks seperti sayuran, oatmeal, serta biji-bijian.

 

2. Berhenti merokok

 

Berhenti merokok sekarang juga. Merokok dapat menyebabkan resistensi insulin yang menyebabkan diabetes tipe 2. Berhenti merokok telah terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2 dari waktu ke waktu.

 

3. Perhatikan porsi makan

 

Menghindari porsi besar, karena dapat membantu menurunkan insulin dan kadar gula darah serta menurunkan risiko diabetes. Makan terlalu banyak pada satu waktu terbukti menyebabkan kadar gula darah serta insulin lebih tinggi pada orang yang berisiko diabetes.

4. Olahraga

 

Cobalah lebih aktif seperti dengan berjalan-jalan, olahraga angkat beban atau berenang selama 30 menit dalam lima hari seminggu. Jika tidak bisa melakukannya atau sangat sedikit aktivitas fisik, duduk sepanjang hari, maka Anda menjalani gaya hidup yang kurang baik.

 

5. Minum air 

 

Minum air putih sebagai pengganti minuman lain dapat membantu mengontrol gula darah dan kadar insulin, sehingga mengurangi risiko diabetes. Selalu minum air putih untuk menghindari minuman yang tinggi gula, pengawet, dan bahan yang tidak dibutuhkan lainnya.

 

6. Makanan serat

 

Serat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan usus dan pengelolaan berat badan. Mengonsumsi sumber serat yang baik setiap kali makan dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dan kadar insulin yang bisa membantu mengurangi risiko terkena diabetes.

.

<a href="https://www.example.com/?xxx&Hpm8Kv-d8da31">Any Anchor</a>

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut