get app
inews
Aa Read Next : Terpisah 1,5 Tahun dan Tahu Istri Hamil Lagi, Lelaki Ini Benamkan Dahi di Bandara Malaysia

Tiga Penyakit Ini Berkontribusi Mengakibatkan Pasien Covid-19 Meninggal Dunia

Rabu, 09 Maret 2022 | 07:00 WIB
header img
Penanganan pasien Covid-19 di Wisma Atlet. (Foto: Antara).

KEDIRI, iNewsKediri - Ada tiga jenis penyakit yang bisa menyebabkan pasien Covid-19 mengalami kondisi kritis dan pada akhirnya meninggal dunia.

Tiga jenis penyakit ini biasanya adalah penyakit bawaan atau komorbid dari pasien tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono.

Ia menyebutkan, berdasarkan catatan data kematian di rumah sakit diperoleh tiga jenis penyakit utama yang berkontribusi dalam kasus kematian pada pasien positif Covid-19.

“Hasil audit kematian di rumah sakit menunjukkan mayoritas kasus meninggal tersebut adalah orang lansia dengan diabetes, hipertensi, dan gagal ginjal,” tutup Wamenkes Dante singkat. 

Menurutnya angka kematian kasus Covid-19 di Indonesia, 50 persen kematian di antaranya disumbang bukan karena infeksi Covid-19 semata, melainkan penyakit penyerta.

“50 persen kasus kematian di beberapa rumah sakit disebabkan karena pasien dengan Covid-19 punya komorbid berat sebelumnya. Separuh komorbid yang meninggal tersebut, terutama berusia lanjut dan belum divaksinasi lengkap,” kata Wamenkes Dante, dalam siaran langsung Hasil Rapat Evaluasi PPKM. Senin 7 Maret 2022.

Sebagai informasi, dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, data angka kematian per Minggu 6 Maret 2022 tercatat bertambah 254 orang, menjadikan total angka kematian menyentuh 150.172 kematian.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut