get app
inews
Aa Read Next : Angka Kriminalitas di Kota Kediri Tahun 2023 Meningkat Dibanding 2022, Namun Berhasil Diungkap

Puluhan Seniman Gelar Pentas Budaya di Kawasan Wisata SLG Untuk Lestarikan Budaya Warisan Leluhur

Minggu, 21 April 2024 | 16:08 WIB
header img
Penampilan seni kuda lumping. Foto:iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri.id - Lestarikan budaya warisan leluhur, puluhan seniman yang tergabung di bawah naungan Putro Panji Laras Kediri, menggelar pentas budaya di kawasan wisata Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri, Minggu (21/4/2024).

Selain ajang pentas para seniman kuda lumping,  acara tersebut juga untuk menambah dan mempererat silaturahmi di antara para seniman, khususnya pemain kuda lumping. Kuda lumping sendiri menggambarkan kisah Putri Dewi Songgo Langit dari Kerajaan Khadiri, yang diboyong ke Wengker Bantar Angin Ponorogo oleh Bujangganong. Mereka berdua diiringi oleh Singo barong yang diiringi oleh gamelan, dan hingga saat ini kesenian kuda kepang menjadi kesenian khas Kediri.

Ryan Vijaya Putra selaku Koordinator Grup Jaranan Putro Panji Laras menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka halal bihalal bersama para seniman di Kabupaten Kediri.

"Yang hadir ada beberapa pelaku kesenian yang hadir baik keroncong Kandat dan para pelaku seni jaranan lokal khususnya Kabupaten Kediri. Ada juga seni jaranan Ngadiluwih, Terate, Dawuhan dan Kandat," Kata Ryan Vijaya Putra.

Ryan berharap pelaku kesenian jaranan di Kabupaten Kediri, semakin digemari oleh para generasi muda, sehingga kesenian jaranan di Kabupaten Kediri berjalan dengan baik dan lancar.

"Juga sudah banyak seniman jaranan dari kalangan generasi muda yang ikut menguri-uri budaya khususnya kesenian jaranan di Kabupaten Kediri, diharapkan nantinya bisa maju dan lebih baik lagi," ungkap Ryan.

Sementara sesepuh Panji Laras Mbah Roso berharap, kesenian jaranan kembali bergairah setelah sempat lesu akibat wabah covid kemarin. kedepan kesenian jaranan di Kabupaten Kediri lebih maju lagi dan dikenal ke Mancanegara.

"Dengan kegiatan ini para pelaku kesenian jaranan semakin bersemangat berbudaya dan berkembang lebih baik lagi, sesuai dengan tagline Kediri Berbudaya," Harap Mbah Roso.

Sementara, Pulung Agustanto anggota DPR RI terpilih dari PDIP yang juga hadir dalam pentas budaya menyampaikan, karena hari ini masih di bulan Syawal, ia mengucapkan mohon maaf lahir batin kepada semua undangan yang hadir. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman Panji Laras yang sudah mendukungnya saat maju dalam Pileg DPR RI.

"Alhamdulillah, hasil dari kerja keras para undangan yang hadir dan para temen-teman Panji Laras dalam Pileg kemarin mendapatkan 165.939 suara Dapil Jawa Timur," ucap Pulung.

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut