get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Relawan dan Pecinta Lingkungan Lakukan Bersih-Bersih Bantaran Sungai Juga Tebar Benih Ikan

45 Warga Binaan Lapas kediri Dilatih Memasak Ala Hotel Berbintang

Kamis, 11 Januari 2024 | 17:42 WIB
header img
Puluhan warga binaan mengikuti pelatihan memasak. Foto: iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri.id - Puluhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas kelas IIA Kediri mengikuti pelatihan memasak (cooking class). Kegiatan yang digelar bekerja sama dengan Surya Hotel Groups tersebut bertujuan untuk memberikan keterampilan dan kemandirian sehingga bisa menjadi bekal setelah ke luar dari Lapas.

Kasubag Tata Usaha Lapas Kota Kediri, Hariono mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan bekal ilmu kepada warga binaan serta mendorong agar warga binaan bisa hidup mandiri, serta menyiapkan mereka untuk siap terjun ke dunia bisnis kuliner, usai menjalani masa tahanan.

Cooking class ini merupakan bentuk pemberdayaan WBP yang dilakukan oleh Lapas Kelas IIA Kediri, diharapkan dengan mengajarkan dan mengenalkan industri kuliner, WBP nantinya bisa mandiri,” Jelas Hariono, Kamis (11/1/2023).

Hariono menambahkan, kepedulian pelaku usaha sangat dibutuhkan oleh WBP, pasalnya WBP memerlukan kegiatan-kegiatan untuk menambah ilmu pengetahuan dan skill dari berbagai sisi untuk mempersiapkan WBP ketika kembali ke masyarakat.


Warga binaan praktek memasak. Foto:iNewsKediri.id/Jatmiko
 

“Kepedulian pelaku usaha dibutuhkan para WBP dalam hal kegiatan untuk menambah ilmu pengetahuan dan skill, yang nantinya dapat digunakan ketika WBP telah kembali ke masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kegiatan itu, WBP dilatih serta mempraktekkan langsung memasak nasi goreng berkelas ala hotel.

Sementara itu, Iin salah satu warga binaan asal sampan mengaku senang bisa mendapatkan pengalaman belajar memasak ala hotel, menurutnya dengan adanya kegiatan tersebut dapat membangun pola pikir ke arah yang lebih baik.

“kegiatan ini sesuai angan-angan saya untuk membuka usaha kuliner ketika keluar nanti, jadi ya senang bisa mengikuti pelatihan ini,” tuturnya.

Pemberian pelatihan kerja terus dilakukan pihak Lapas Kediri, terhadap warga binaannya. Sebelumnya, mereka juga sempat memberikan pelatihan melinting rokok, yang menggandeng perusahaan rokok lokal yang ada di Kota Kediri.

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut