get app
inews
Aa Read Next : “Pedihnya” Harga Bawang Merah di Kota Kediri

Antisipasi Kenaikan Harga Sembako, TPID Kota Kediri Gelar Operasi Pasar Murni.

Senin, 11 Desember 2023 | 11:00 WIB
header img
Warga membeli sembako. Foto:iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI,iNewsKediri.id - Jelang Natal dan tahun baru, sejumlah komoditi sembako mengalami kenaikan harga, untuk menekan naiknya harga, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menggelar operasi pasar murni selama tiga hari yang dilaksanakan di sembilan lokasi.

Dalam operasi pasar murni tersebut, TPID menyediakan beras premium sebanyak 9 ton dengan harga Rp 63 ribu per 4 kg, telur 1,8 ton seharga Rp 22.500 per kg, gula 4 ton seharga Rp14.500 per kg, minyak goreng 3.024 liter seharga Rp13 ribu perliter.

Operasi pasar murni sengaja digelar menjelang Natal dan Tahun Baru tujuannya adalah untuk menjaga stabilitas harga barang-barang yang umumnya meningkat menjelang Natal dan tahun baru seperti makanan, minuman, serta untuk memastikan ketersediaan sembako bagi masyarakat.

Sukati, salah satu warga pemebli sembako mengaku sebnang dengana danya operasi pasar murni ini, pasalnya harganyta jauh lebih murah dengan harga di pasaran, seperti halnya beras premium yang harga di apsaran mencapai lebih dari Rp 70 ribu, sementara di operasi pasar hanya seharga Rp 63 ribu.

“Selisih harganya lumayan banyak, yang paling banyak selisihnya itu beras, di paasar hargnya Rp 70 ribu lebih, disini tadi Cuma Rp 63 ribu, terus untuk harga telur di pasar Rp 26 ribu disini cuma Rp 22.500 per kg,” tutur Sukati

Hal senada juga diungkapkan oleh Ririn yang membeli beras dan telur di pasar murni tersebut, bahwa selisih harganya cukup banyak, kendati untuk jumlah pembeliannya dibatasi.

“Selisihnya dengan dipasar cukup banyak, terutama beras, tapi ini tadi jumlahnya dibatasi,” jelas Ririn.

Selain untuk mengatasi kelangkaan barang kebutuhan Natal dan tahun baru. Operasi pasar murni juga dapat dilakukan untuk mengatasi kelangkaan barang-barang yang sering dibutuhkan selama musim Natal dan tahun baru. Kemudian, mengendalikan inflasi selama periode liburan. Operasi pasar murni juga dapat digunakan untuk mengendalikan inflasi selama periode liburan, termasuk menjelang Natal dan Tahun Baru.

Untuk diketahui, pelaksanaan Operasi Pasar murni berada di Kelurahan yang telah ditunjuk Pemerintah Kota Kediri yakni pada 11 Desember Kelurahan Bandarlor, Semampir dan Pesantren. Kemudian pada 12 Desember berada di Kelurahan Ngampel, Dandangan, dan Tempurejo. Serta 13 Desember ada di Kelurahan Banjarmlati, Setonopande, dan Bangsal.

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut