get app
inews
Aa Read Next : Angka Kriminalitas di Kota Kediri Tahun 2023 Meningkat Dibanding 2022, Namun Berhasil Diungkap

Siswa PAUD Jadi Petugas Upacara Hut RI Ke-78

Kamis, 17 Agustus 2023 | 11:03 WIB
header img
Anak PAUD menjadi pengibar bendera dalam upacara kemerdekaan. Foto:iNewsKediri/JAtmiko

KEDIRI, iNewsKediri.id - Anak dibawah lima tahun atau Balita di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia., Kamis (17/8/2023). Tidak hanya sebagai peserta, Balita ini juga berlaku sebagai pemimpin upacara, pembawa naskah proklamasi. Tentunya sebagai edukasi nasioalisme pada anak usia dini.

Upacara memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia ini digelar di Taman Ceria Pendidikan Anak Usia Dini Desa Pagu Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Uniknya, semua petugas upacara ini merupakan anak-anak dibawah lima tahun , Balita yang notabene sebagai siswa paud. Selain itu, para peserta upacara bendera juga mengenakan berbagai baju adat dari seluruh penjuru bangsa Indonesia.

Sementara orang tua anak-anak paud yang ikut upacara bendera, juga mengenakan baju adat sebagai bentuk kebhinekaan/ Usai upacara, anak-anak para peserta upacara menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan jiwa patriotisme.

Shakila, salah satu peserta upacara mengaku senang menjadi petugas pengibar bendera. Ia dan teman-temannya berlatih selama 2 minggu di sekolah. Dan jika besar nanti ia ingin menjadi petugas Paskibraka.

“Saya berlatih mengibarkan bendera selama 2 minggu, senang bisa menjadi pengibar bendera,” kata Shakila

Sementara itu, Kepala PAUD Taman Ceria, Anis Rofin mengatakan, pihak sekolah sengaja menggelar upacara bendera dengan melibatkan anak-anak PAUD dan orang tuanya, untuk menumbuhkan jiwa pancasila dan semangat nasionalisme sejak dini.

“Kami melibatkan anak-anak sebagai petugas upacara untuk melatih anak-anak agar disiplin, dan lebih mengenak tentang hari kemerdekaan Republik Indonesia, dan yang terpenting untuk menanamkan jiwa Pancasila terhadap anak sejak dini,” jelas Anis Rofin

Diharapkan, dengan upacara bendera memperingati HUT RI yang ke 78 tahun ini, mampu meningkatkan jiwa dan semangat nasionalisme sejak dini kepada anak-anak PAUD.

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut