get app
inews
Aa Read Next : Bertengger Diatap Rumah Warga, Burung Merak Hijau Ditangkap

Resahkan Warga, Buaya Sepanjang 2 Meter Ditangkap

Kamis, 13 April 2023 | 15:35 WIB
header img
Buaya muara sepanjang 2 meter. Foto: iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri.id - Sempat membuat warga resah lantaran muncul di sungai yang berdekatan dengan permukiman warga, seekor buaya muara sepanjang dua meter berhasil ditangkap oleh warga Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Penangkapan ini bermula ketika buaya berusia sekitar 3 tahun tersebut muncul di sungai Janti yang berdekatan dengan permukiman warga sehingga membuat warga resah. 

Oleh karenanya warga berinisiatif melakukan upaya penangkapan, dengan memasang perangkap, namun sayangnya buaya muara yang sempat beberapa kali terlihat berjemur dan menjadi tontonan warga tersebut tak kunjung masuk perangkap. Hingga akhirnya kemarin (12/4/2023) berhasil ditangkap bersama-sama oleh warga.

Kepala Resort Konservasi Wilayah 01 Kediri BKSDA Jatim, David Fathurohman mengatakan, ini merupakan penangkapan yang kedua, sebelumnya pada bulan Maret tahun lalu di tempat yang sama, warga juga pernah menangkap seekor buaya dengan ukuran hampir sama dengan saat ini. Belum diketahui secara pasti dari mana asal buaya tersebut, pasalnya jika dilihat dari lokasinya, sungai tersebut bukan merupakan habitat alami buaya, karena dekat dengan permukiman warga.

“Nanti buaya ini akan kami rehabilitas dan evakuasi ke habitat yang semestinya, setelah kondisinya normal, nanti kami lepas liarkan ke habitat aslinya,” jelas David, Kamis (13/4/2023).

David menambahkan, spekulasi yang paling kuat asal buaya tersebut saat ini adalah kemungkinan dari milik masyarakat yang terlepas, atau sengaja di lepaskan. 

"Banyak spekulasi yang berkembang, setelah kita dalami, kita tidak bisa meyakini bahwa itu habitat alami karena ternyata disitu dekat dengan pemukiman warga jadi spekulasi yang menguat adalah punya masyarakat yang terlepas atau sengaja dilepas liarkan,” imbuhnya.

Sementara untuk jumlah pastinya, diduga masih ada lagi, dan lebih dari satu. Hal tersebut dikuatkan dari adanya penangkapan sebelumnya. Rencananya buaya tersebut akan di rehabilitasi di BKSDA Jawa Timur, hingga nantiny akan di lepas liarkan ke habitat aslinya.

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut