get app
inews
Aa Read Next : Hati Hati, Kebanyakan Konsumsi Vitamin D Bisa Berakibat Fatal

Cara Atasi Kulit Gatal Hanya Dengan Penggunaan Vitamin D

Senin, 13 Maret 2023 | 17:45 WIB
header img
Keringat berlebihan dapat menjadi sebab munculnya berbagai gangguan kulit (Foto: Istimewa)

KEDIRI, iNewsKediri - Vitamin D memang sangat berperan pada sistem kekebalan tubuh manusia. Tidak heran, ketika pandemi silam banyak orang rajin berjemur sinar matahari demi mendapatkan vitamin D alami.

 

Tapi, selain berperan besar pada sistem kekebalan tubu kita, vitamin D juga sangat baik bagi tulang dan gigi yang kuat. Vitamin yang bisa diproduksi oleh tubuh ketika terpapar sinar matahari ini konon juga bisa membantu mengatasi kulit gatal.

 

Memenuhi kebutuhan vitamin D setiap hari disebut dapat membantu mengatasi kulit gatal, bahkan menurunkan risiko alergi, mengatasi psoriasis, dan mencegah infeksi jamur. Namun, apakah manfaat vitamin D untuk kulit gatal tersebut benar-benar valid dari kacamata medis? Nah, berikut beberapa faktanya seperti dilansir dari KlikDokter.

 

“Jika kulit gatal disebabkan oleh kondisi kulit yang kering, vitamin D bisa membantu mengatasinya. Pasalnya, vitamin D dapat membantu menjaga kelembapan kulit sehingga tidak mudah iritasi dan kering,” ujar dr. Devia Irine Putri.

 

Selain itu, melansir laman Perdoski, vitamin untuk kulit kering dan gatal ini memang berperan dalam sistem imun bawaan (sistem imun lini pertama tubuh) dan sistem imun adaptif (pertahanan tubuh dari rangsangan antigen).

 

Vitamin D akan bekerja di kulit kamu dengan cara menaikkan jumlah protein antimikroba. Senyawa tersebutlah yang akan menghancurkan bakteri serta virus yang datang. Nah, bila sistem kekebalan menurun, makin lemah juga sistem pertahanan antimikroba tubuh, termasuk yang ada di lapisan luar kulit.

 

Di saat vitamin D tubuh rendah, mekanisme pertahanan alami pada alergen tertentu, misalnya tungau dan debu, dapat terganggu. Gatal-gatal dan ruam pun bisa terjadi. Beberapa studi juga mengungkap penderita eksim–ditandai dengan gatal dan ruam kulit–cenderung punya kadar vitamin D yang lebih rendah.

 

Selanjutnya, kadar vitamin D yang lebih rendah dikaitkan pula dengan keluhan eksim yang lebih berat. Lebih lanjut, dr. Devia merujuk pada beberapa penelitian yang menyebut vitamin D bisa mengurangi risiko dan kambuhnya alergi.

 

BACA JUGA:

 

Tapi, tidak semua gatal bisa diatasi dan dikurangi gejalanya dengan vitamin D. Beberapa masalah kulit gatal yang bisa diatasi dengan vitamin D antara lain sebagai berikut.

 

Alergi

 

Gatal-gatal akibat alergi bisa bantu diatasi gejalanya dengan vitamin D yang cukup. “Vitamin D memengaruhi kerja T-cell, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Nah, reaksi alergi sendiri memang berhubungan dengan T-cell dan sebagainya,” tutur dr. Devia lagi.

 

Psoriasis

 

Selain itu, dr. Devia juga menjelaskan, vitamin D memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk penderita psoriasis. Ini adalah penyakit yang menyebabkan kulit berkerak dan bersisik. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi obat dari dokter, dan asupan vitamin D yang cukup, kondisi psoriasis bisa diatasi dengan maksimal.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut