Logo Network
Network

Luhut Ungkap Indonesia Butuh Investor Digital untuk Mengejar Ketertinggalan

Han's
.
Rabu, 07 Desember 2022 | 19:01 WIB
Luhut Ungkap Indonesia Butuh Investor Digital untuk Mengejar Ketertinggalan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Okezone)

KEDIRI, iNewsKediri - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menilai Indonesia membutuhkan investasi di sektor digital. Investasi sektor digital diperlukan agar bisa mengoptimalkan potensi ekonomi digital.

 

Dia menjelaskan, investasi digital yang dimaksud terkait dengan penguatan serta pemerataan infrastruktur telekomunikasi seperti penyediaan jaringan internet dari hulu ke hilir.

 

"Indonesia masih membutuhkan investasi di sektor digital. Saya kira ini penting," ujar Luhut dilansir dari Antara, Rabu (7/12/2022).

 

Pernyataan itu disampaikan Luhut berkaca dari kondisi internet di Indonesia yang kualitasnya masih jauh dari negara-negara tetangga di kawasan Asia Pasifik. Dalam paparannya, Luhut mengambil data dari datareportal.com menunjukkan rata-rata kecepatan internet tetap di Indonesia pada 2022 hanya mencapai 20,13 Mbps.

 

Kondisi itu tertinggal dari Filipina dan Malaysia dengan rata-rata kecepatan internet masing-masing mencapai 46,4 Mbps dan 74,84 Mbps. Bahkan Thailand yang terletak tak jauh dari Indonesia bisa memiliki rata-rata kecepatan internet sebesar 171,37 Mbps.

 

Luhut menyebutkan salah satu langkah untuk mengejar ketertinggalan tersebut ialah dengan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di kawasan timur Indonesia. Langkah itu dilakukan selain untuk menciptakan kesetaraan akses, juga untuk menyeimbangkan investasi yang saat ini masih terkonsentrasi di kawasan barat Indonesia.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di 2022 untuk realisasi Investasi Asing Langsung sektor telekomunikasi paling banyak terealisasi di Pulau Jawa terutama di Jakarta dengan 87.9 persen dari total realisasi daerahnya.

 

Maka dari itu pembangunan di kawasan Timur Indonesia seperti Maluku dan Papua masih diperlukan agar potensi ekonomi digital nasional bisa lebih optimal. Jika langkah itu sudah dapat direalisasikan, Luhut meyakini Indonesia bisa mencapai target PDB per kapita sebesar USD10.000 di 2030.

 

Luhut mengakui pembangunan dan investasi infrastruktur di sektor telekomunikasi dan digital memang tidak mudah karena tantangan geografis di Indonesia. Namun dia optimistis dengan kolaborasi berbagai pihak maka Indonesia bisa mencapai tujuan pembangunan sektor digital dan mampu memaksimalkan potensi ekonomi digital nasional.

 

"Membangun infrastruktur itu tidak mudah. Tapi sekarang proses pembangunannya cepat," kata Luhut.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News

Bagikan Artikel Ini