get app
inews
Aa Read Next : Gempa Magnitudo 6,8 Guncang Taiwan, Gedung Runtuh Lukai 146 Orang dan Kereta Tergelincir 

Tagana Kabupaten Kediri Kirim 150 Kg Sambal Pecel Bagi Korban Gempa Cianjur

Kamis, 24 November 2022 | 17:20 WIB
header img

KEDIRI, iNewsKediri - Taruna siaga bencana (Tagana) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (24/11/2022) mengirimkan bantuan makanan bagi korban gempa bumi Cianjur, Jawa barat. Bantuan tersebut adalah sambal pecel dengan jumlah 150 kilogram. Sambal pecel yang merupakan khas Kediri tersebut dipilih sebagai bantuan karena mudah dimasak, dan diaplikasikan dengan lauk apapun.

 

Guna membantu kebutuhan makanan bagi korban bencana gempa bumi di Cianjur Jawa Barat, taruna siaga bencana, Tagana Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengirim 150 kilogram sambal pecel. Sambal pecel yang mempunyai rasa khas itu dipilih, karena mempunyai keunggulan penyimpanan yang relatif tahan lama dan cukup simpel dalam penyajiannya serta dapat di makan dengan lauk apapun.

 

Sambal pecel yang menjadi makanan khas Kediri tersebut mereka racik sendiri. Sambel yang berbahan utama kacang tanah bercampur rempah-rempah itu dibuat secara bergotong royong oleh para anggota Tagana dan para relawan. Proses memasak dilakukan di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Kediri.

 

Zain Faniman Ikbal, Koordinator Tagana mengatakan, untuk tahap satu ini, sementara mengirim 150 kilogram sambal pecel dan akan disalurkan melalui Pusdalops Jawa Timur. Sambal tersebut dikemas dalam wadah plastik, sehingga memudahkan dalam pendistribusiannya di lapangan.

 

"Untuk tahap 1 ini kami mengirimkan 150 kg sambal pecel, nanti akan disalurkan melalui Pusdalops Jawa Timur, sambal pecel dipiliha karena simpel dalam penyajiannya, dan dapat diaplikasikan dengan lauk apapun," jelas Zain.

 

Gempa bumi 5,6 skala richter yang mengguncang Cianjur, selain menyebabkan jatuhnya ratusan korban jiwa, juga ratusan warga yang mengungs. Diharapkan nantinya sambal pecel itu dapat bermanfaat karena tahan lama.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut