get app
inews
Aa Read Next : Ciri-ciri Wanita yang Memiliki Nafsu Tinggi, Pria Harus Tahu Lebih Awal

Penyebab Kentut Wanita Berbau Busuk Seperti Belerang, Ketahui Hal Ini

Selasa, 22 November 2022 | 10:22 WIB
header img
(Foto: Ilustrasi/Okezone)

KEDIRI, iNewsKediri - Ada alasan kenapa bau kentut wanita sangat menyengat sebelum menstruasi. Beberapa ladies kerap mengalami gangguan pencernaan mendekati waktu haid.

Dilansir Healthline, salah satunya bau kentut menyengat. Nah gas yang dikeluarkan ini merupakan suatu respon alami tubuh sebab terjebak dalam usus melalui mulut atau proses pencernaan dan keluar melalui anus.

Namun, frekuensi dan bau kentut dapat berbeda setiap orang. Terutama bagi wanita yang memasuki siklus menstruasi.

Menjelang menstruasi kentut wanita terasa lebih bau dari biasanya. Bau kentut menjelang haid membuat tidak percaya diri dan tidak nyaman.

Tetapi, ternyata ada alasan kenapa bau kentut wanita sangat menyengat sebelum menstruasi adanya peranan tubuh mempengaruhinya. Itulah mengapa frekuensi bau kentut wanita jelang menstruasi meningkat.

Sebab, mengkonsumsi makanan berlebihan saat menstruasi memang tak dapat terhindarkan. Terlebih lagi camilan manis dan makanan cepat saji. Ini bisa memicu hormon progesteron dan keinginan untuk makan berlebih.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh memiliki kontribusi terhadap bau kentut. Diantaranya kudapan mengandung susu, karbohidrat, serta manis memperburuk pembuangan gas menjelang menstruasi.

Makanan kaya karbohidrat juga menyebabkan penumpukan kotoran sehingga menyebabkan sembelit. Penumpukan kotoran dalam usus membuat bakteri penyebab bau berkembang lebih cepat.

Bau kentut berlebihan menjelang menstruasi merupakan salah satu gejala PMS. Kantor kesehatan wanita yang berasal dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS mengatakan bahawa salah satu gejala pramensterual adalah gastrointestinal.

Adapun gejala gastrointestinal meliputi, kembung, diare, sembelit, dan buang angin. Menurut jurnal BMC Women's Health pada Januari 2014 menemukan bahwa 73% individu mengalami setidaknya satu gejala gastrointestinal sebelum atau selama menstruasi.

Dengan memperhatikan pola makan perlahan bau kentut menjadi lebih normal. Makanan kaya serat sangat baik untuk pencernaan selama menstruasi.

Demikian alasan kenapa bau kentut wanita sangat menyengat sebelum menstruasi.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut