Diterjang Luapan Air, 3 Kios dan 1 Rumah Amblas

Kridaning Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri - 3 kios toko, serta 1 rumah amblas tergerus aliran air, akibat meluapnya drainase. luapan tersebut terjadi karena wilayah Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa malam (7/2/2023). 

 

Tiga kios dan satu rumah di Desa Gedangsewu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur amblas akibat tergerus aliran air yang meluap dari saluran drainase. Luapan air terjadi akibat wilayah Kecamatan Pare diguyur hujan deras. Selain itu, aliran air juga menggerus bagian bawah jalan raya, yang mengakibatkan aspal menggantung sepanjang dua meter.

 

Kris Cahyono, salah satu warga yang rumahnya amblas mengatakan, saat itu hujan deras, sementara drainase yang berada didepan rumahnya tersumbat, sehingga air meluap ke jalan, dan menggerus tanah dan pondasi yang menyebabkan rumahnya amblas, sementara sejumlah pakaian yang hendak di jual menjelang lebaran nanti pun turut terhanyut terbawa aliran air.

 

"Hujan sangat deras, sementara selokannya tersumbat sehingga air meluber ke jalan, dan menggerus tanah, sampai ke pondasinya, bahkan air setinggi 50 cm juga masuk kerumah, dan untuk membuang air tersebut harus disedot, bahkan pakain dagangan yang mau saya jual saat lebaran pun turut hanyut" jelas Kris.

 

Sementara itu, Ruslan Abdul Gani, Kades Gedangsewu mengatakan, akibat luapan drainase tersebut, 3 kios dan 1 rumah warga amblas. Selain itu, air juga menggerus bagian bawah jalan raya, sehingga aspal menggantung sepanjang dua meter.

 

"Ada 3 kios dan 1 rumah warga yang terdampak luberan air dari meluapnya drainase, bahkan air juga menggerus bagian bawah jalan raya, sehingga asapal menggantung," tutur Ruslan, Rabu (8/2/2023).

 

Kini, warga bersama dengan petugas gabungan TNI, Polri dan BPBD membersihkan puing-pung kios yang hampir roboh,serta mengamankan barang-barang yang bisa diselamatkan. Warga berharap bantuan dari pemerintah.

Editor : Rohman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network