Terdampak Pelebaran Jalan Menuju Bandara, 10 Makam Tua Dibongkar dan Dipindahkan

Kridaning Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri - Sepuluh makam tua di komplek Masjid Wakaf Al Mustofa, Desa Jongbiru, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jumat pagi (13/1/2023) dibongkar untuk dipindahkan. Pemindahan ini dilakukan lantaran, makam tersebut terkena imbas dari rencana pelebaran jalan menuju pintu tol di Banyakan dan Bandara Kediri.

 

10 dari sekitar 20 makam tua tersebut terpaksa dilakukan lantaran berada di jarak sekitar 4 meter dari bahu jalan yang terkena imbas dari rencana pelebaran jalan menuju pintu tol di banyakan dan bandara kediri.

 

Abdurrohman, ahli waris mengatakan ada 10 makam yang dibongkar dan dipindahkan karena terdampak pelebaran jalan untuk akses tol bandara. Lokasinya pemindahan masih di komplek pemakaman, namun hanya sedikit di geser.

 

"Ada 10 makam yang dipindahkan hari ini, pemindahan tersebut karena terdampak proyek pelebaran jalan dan pembangunan jembatan untuk akses menuju bandara," jelas Abdurrohman.

 

Sementara itu, Camat Gampengrejo, Zaenuri mengatakan, makam yang dipindahkan tersebut berada paling depan sekitar 4 meter dari bahu jalan saja, sementara untuk makam lain dan masjid aman. Proses pemindahan makam ini berjalan lancar. Tidak ada protes dari keluarga Kyai Al Mustofa. Pihaknya bahkan mendukung proses ini, bahkan, mulai beberapa hari kemarin hingga tadi malam dari pihak dzurriyah mbah Kyai Al Mustofa yang mewakafkan tanah ini juga sudah melakukan tahlil dan istighosah untuk pemindahan ini.

 

"Alhamdulillah lancar, tidak ada protes bahkan keluarga mendukung. Mulai beberapa hari kemarin hingga tadi malam dari pihak dzurriyah Mbah Kyai Al Mustofa yang mewakafkan tanah ini juga sudah melakukan tahlil dan istighosah untuk pemindahan ini,” terangnya Camat.

 

Pelebaran jalan di Jongbiru ini rencananya akan dimulai tahun 2023 ini oleh Pemerintah Kabupaten Kediri, sementara jembatan di atas sungai brantas yang lama ambruk tersebut akan dibangun oleh PUPR. Selama ini sekitar 5-6 tahun jembatan ini roboh belum diperbaiki. Selanjutnya oleh Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, diajukan ke pemerintah pusat dan disetujui. Nantinya, jalan akses menuju bandara tersebut dibangun dengan lebar 12 meter.

Editor : Rohman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network