get app
inews
Aa Read Next : Global English Education Fair Ajang Kampanye Beasiswa Melalui Kursus Bahasa di Kampung Inggris

Kemendikbudristek Meluncurkan Program Beasiswa Indonesia Maju

Kamis, 12 Mei 2022 | 17:26 WIB
header img

KEDIRI, iNewsKediri - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), meluncurkan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) pada Rabu 11 Mei 2022 statusnya masih coming soon.

Dalam keterangannya program tersebut, merupakan beasiswa untuk jenjang S1 dan S2 baik nasional maupun luar negeri.

Suharti selaku Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek menilai, dengan adanya BIM diharapkan mampu memaksimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta memudahkan langkah pelajar.

Terutama, mereka-mereka yang berprestasi sehingga dapat menjadi kunci pembangunan nasional.

“Beasiswa Indonesia Maju ini juga mendukung karir belajar peserta didik yang berprestasi untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana dan pascasarjana baik di dalam maupun luar negeri,” keterangan Suharti dalam siaran langsung Kemendikbud RI, Rabu (11/5/2022) sumber Okezone.com.

Selanjutnya, Suharti menjelaskan dengan adanya BIM akan menjadi salah satu langkah dalam mengatasi bonus demografi yang nantinya akan dihadapi Indonesia.

Sehingga, dengan banyaknya angka produktif di Indonesia maka akan turut sejalan dengan meningkatnya kualitas pendidikan.

“Untuk memetik keberhasilan pada masa bonus demografi, maka kita perlu mempersiapkan SDM yang tidak hanya cerdas tetapi juga memiliki karakter yang baik, bertanggung jawab, berani dan peduli pada kemanusiaan,” ujarnya.

Seperti diketahui, BIM merupakan program terintegrasi yang terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan non gelar (non degree) berjenjang S1 dan S2.

BIM dilaksanakan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, sedangkan program beasiswa non gelar, yaitu Program Persiapan S1 Luar Negeri, dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

Program BIM Persiapan S1 Luar Negeri adalah program beasiswa yang diberikan guna mempersiapkan peserta didik berprestasi pada jenjang pendidikan menengah untuk memperoleh kesempatan pendidikan S1 di luar negeri.

BIM ini meliputi Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2, yaitu program yang diluncurkan untuk mendukung dan mempersiapkan peserta didik berprestasi untuk melanjutkan Pendidikan jenjang S1 di Perguruan Tinggi Luar Negeri Tahun ajaran 2023-2024.

BIM Beasiswa Bergelar (Degree) S1 dan S2 adalah bantuan biaya pendidikan penghargaan yang diberikan kepada peserta didik/lulusan berprestasi, baik dari ajang yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional serta ajang dan non ajang talenta yang dikurasi oleh Pusat Prestasi Nasional.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut