get app
inews
Aa Read Next : Persiapan Piala Thomas 2022 Sudah Matang, Tapi PBSI Sebut Ada Satu Hal Yang Masih Dikawatirkan, Apa?

Profil Lengkap Kevin Sanjaya, Pebulutangkis Ganda Putra Indonesia

Sabtu, 23 April 2022 | 09:15 WIB
header img
Tim bulu tangkis putra Indonesia mendapat dukungan dari Denmark untuk lolos ke fase Grup A Piala Thomas 2020, meskipun Kevin Sanjaya dkk berada di grup neraka / Foto: PBSI

KEDIRI, iNewsKediri - Nama pebulutangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya memang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia.

Khusunya pecinta olahraga bulu tangkis, banyak dari masyarakat yang mengulik lebih dalam profil dari Ke in Sanjaya.

Kevin Sanjaya sendiri dikenal sebagi sosok yang mempunyai sifat tengil.

Sehingga, tak ayal masyarakat ingin mencari tahu tentang profil, biodata hingga kehidupan pribadinya.

Ini merupakan tanda jika masyarakat Indonesia ingin mengenal lebih dekat dengan pebulutangkis yang satu ini.

Meski dikenal sebagai sosok yang tengil, Kevin Sanjaya ini juga memiliki segudang prestasi yang membanggakan bagi Indonesia.

Kevin Sanjaya Sukamuljo sendiri merupakan jebolan pemain asal klub Djarum di Kudus, Jawa Tengah dan bergabung sejak tahun 2007.

Kevin saat ini dipasangkan dengan Marcus Fernaldi Gideon di nomor ganda putra.

Kevin Sanjaya Sukamuljo merupakan pebulu tangkis peringkat 1 dunia bersama Marcus Fernaldi Gideon di sektor ganda Putra.

Sedangkan biodata dan agama Kevin Sanjaya Sukamuljo yakni memeluk agama Kristen.

Pria kelahiran 2 Agustus 1995 ini mencetak banyak kemenangan. Kevin Sanjaya Sukamuljo terkenal dengan permainan yang cepat, agresif, full attack, dan memiliki serangan yang sangat sadis terhadap lawannya.

Bersama pasangannya, Marcus Fernaldi Gideon, atlet ganda putra yang mendapat julukan Minions ini sudah merasakan beragam gelar juara di berbagai turnamen.

Namun, perjalanan panjang karier seorang Kevin Sanjaya di dunia bulu tangkis tidaklah selalu mulus.

Awal mula terjun ke dunia tepok bulu ini dikarenakan Kevin sudah sangat menyukai olahraga tersebut.

Kevin juga merupakan putra pasangan Sugiarto Sukamuljo dan Winartin Niawati.

Kemampuan bermain bulu tangkis Kevin sudah terlihat sejak ia menginjak usia 2,5 tahun. Kevin suka menonton ayahnya yang hobi bermain bulu tangkis di lapangan belakang rumah hingga larut malam.

Singkat cerita Kevin diterima sebagai atlet PB Djarum. Selama enam tahun bergabung di PB Djarum, Kevin sempat mencoba nomor tunggal.

Ia pernah mengalami kekalahan di pertandingan, tapi orang tuanya selalu menyemangati dan mengingatkan Kevin agar tetap semangat dan tidak lupa berdoa.

Perlahan kehebatan Kevin mulai terlihat, hingga ia pun terpilih masuk pelatnas Cipayung, Jakarta pada 2013. Selama empat tahun di pelatnas, Kevin baru naik ke tingkat senior pada Desember 2015 sudah menorehkan berbagai prestasi, diantaranya seperti gelar pada Malaysia Masters, India Open, Australia Open, China Open, hingga All England bersama Marcus Gideon.

Selain itu, Kevin juga menyumbang medali emas pada gelaran Asian games 2018 di sektor ganda putra.

Sayangnya, Kevin yang saat ini masih berpasangan dengan Marcus Gideon belum bisa meraih medali emas olimpiade 2020. Namun, pemain didikan Herry Iman Pierngadi menyumbang juara di pertandingan Thomas Cup 2020.

Terbaru, Marcus/Kevin berhasil menjadi juara Indonesia Open 2021 yang berlangsung di Bali International Convention Center.

Hingga kini, April 2022, The Minions masih menyandang status ganda putra terbaik di dunia.

Kevin juga baru saja menambah rekeningnya setelah menyelesaikan BWF World World Tour Final 2021.

merangkum dari Jurnal Bulu Tangkis Kevin Sanjaya mendapatkan total hadiah sebesar USD96,475.24 atau setara Rp1,350,597,500.

Kevin yang sangat populer di para pecinta bulu tangkis dan masyrakat Indonesia umum lainnya, juga sering menjadi brand ambasador. Dia acap kali juga menjadi bintang iklan untuk sejumlah produk.

Tentu dengan jadwal yang padat di luar bulu tangkis, membuat kekayaan Kevin sekain melimpah. Jadi hal yang wajar jika Kevin memiliki rumah yang megah dan nyaman.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut