get app
inews
Aa Read Next : Awal tahun 2024, Komoditas Sayur Mayur di Kota Kediri Masih Tinggi

Ribuan Warga Kediri Serbu Bazar Sembako Murah Dan Penukaran Uang Baru Oleh Bank Indonesia Kediri

Selasa, 02 April 2024 | 22:30 WIB
header img
Kepala KPwBI melayani pembelian sembako murah. Foto:iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri.id - Ribuan warga di Kediri serbu bazar sembako murah yang digelar di GOR jayabaya Kota Kediriyang digelar oleh kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri, bersama TPID Kota Kediri, Selasa (2/4/2024).

Sedikitnya sekitar 1.500 paket sembako yang dijual dengan harga lebih murah dari yang ada dipasaran. Terlihat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi, dalam waktu sekejap ribuan paket sembako murah berisi 5 kilogram beras, gula dan minyak goreng masing-masing 1 kilogram yang dibanderol harga Rp80 ribu per paket yang tersedia ludes diserbu warga.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Moch. Choirur Rofiq mengatakan, bazar  murah ini bekerjasama dengan beberapa pihak, termasuk Pemkot dan Bulog. Tujuan kegiatan abzar murah itu sendiri adalah untuk meringankan beban masyarakat di tengah-tengah mahalnya harga kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri.

“Kegiatan merupakan bentuk aksi nyata dan kontribusi Perbankan bersama TPID Kota Kediri dalam menciptakan stabilitas harga komoditas pangan dengan menyediakan bahan pokok dengan harga terjangkau sebagai bagian program pengendalian inflasi daerah, khususnya di wilayah Kota Kediri.,” jelasnya.

Moch. Choirur Rofiq mengklaim harga tersebut jauh lebih murah dengan harga pasaran jika diukur dengan komoditas yang sama dimana Masyarakat umum dapat membeli paket tersebut dengan harga Rp80.000,-/paket. Harga tersebut merupakan harga pasca subsidi bantuan dari Sub-Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Kediri-Madiun

"Ini kegiatan tahun ke 2, tahun pertama kemarin kita lakukan GNI, karena kita lihat animo masyarakat cukup besar, sehingga kami pilih lokasi di GOR Joyoboyo. Sembako yang dijual ada tiga jenis, beras, minyak dan gula seharga Rp80 ribu kalau dijual diluar sekitar Rp97 ribu hampir Rp 100 ribu," katanya.

Selain paket sembako, Perwakilan BI Kediri juga melibatkan beberapa distributor produk bahan pangan, salah satunya telur.

"Kami juga menyediakan area Bazar Distributor yang menjual komoditas pangan lainnya seperti telur ayam ras, biskuit, mie instan, tepung dan aneka macam minuman yang biasa dibutuhkan masyarakat untuk menyambut momen Idul Fitri dengan harga yang sangat terjangkau,” imbuhnya.

Bazar murah ini berlaku untuk semua kalangan masyarat tanpa ada persyaratan khusus. Baik warga Kediri ataupun luar daerah. Diharapkan bazar murah ini bisa membuat harga sembako di pasaran yang biasanya terus naik menjelang lebaran menjadi stabil.

Pada gelaran Bazar Pangan Murah Ramadan kali ini Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri juga menyediakan layanan penukaran uang baru melalui kas keliling. Pelayanan penukaran uang tersebut merupakan salah satu sinergi program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) Bank Indonesia untuk menjamin tersedianya uang rupiah yang layak edar, denominasi yang sesuai, tepat waktu sesuai kebutuhan masyarakat. Masyarakat yang ingin menukarkan uang rupiah pecahan kecil dapat melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://pintar.bi.go.id/.

“Selain menyediakan sejumlah bahan kebutuhan pokok, di tempat ini juga tersedia penukaran uang baru. Masing-masing penukar dibatasi untuk Rp 4 juta, dimana pengunjung telah melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://pintar.bi.go.id/,” pungkasnya.

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut