get app
inews
Aa Read Next : “Pedihnya” Harga Bawang Merah di Kota Kediri

Demi Tradisi Lebaran, Ratusan Warga Antre Berjam-Jam Untuk Tukar Uang Baru

Kamis, 13 April 2023 | 16:16 WIB
header img
Antrean penukaran uang. Foto: iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri.id - Demi mendapatkan uang baru untuk dibagikan saat lebaran nanti, ratusan warga Kota Kediri, rela menyerbu dan mengantre berjam-jam penukaran uang pecahan baru, yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, melalui mobil kas keliling.

Antrean panjang warga ini terjadi di halaman Pasar Setono Betek Kota Kediri, Jawa Timur. Mereka rela menyerbu dan mengantre selama berjam- jam demi mendapatkan uang baru emisi tahun 2022. Nantinya uang baru tersebut akan di bagikan ke sanak saudara saat lebaran yang merupakan sebuah tradisi masyrakat indonesia. 

Airin, salah satu penukar uang mengaku rela mengantre selama setengah jam untuk mendapatkan uang baru pecahan seribu, dua ribu dan lima ribu. Nantinya uang tersebut akan diberikan kepada keponakan saat lebaran.

“Tadi antre setengah jam untuk tukar nominal seribu, dua ribu dan lima ribu,” kata Airin

Hal senada juga diungkapkan oleh Fitri, salah seorang penukar uang mengatakan, menukarkan uang pecahan untuk tradisi pemberian uang kepada saudara saat perayaan hari raya idul fitri. Kegiatan ini rutin dilakukannya setiap tahun. Biasanya, ia selalu menukarkan uang pecahan untuk kebutuhan lebaran di mobil kas keliling bank indonesia, namun bedanya saat ini sebelum mengantre harus mendaftar terlebih dahulu melalui website https://pintar.bi.go.id/

“Setiap tahun selalu menukarkan, nantinyan uang itu dibagi ke keponakan-keponakan, bedanya untuk tukar sekarang harus mendaftar memalui website, kalo dulu langsung antre saja,” jelas Fitri

Untuk diketahui, untuk Ramadan hingga Idul Fitri tahun 2023 ini, Bank Indonesia Kediri menyediakan uang baru pecahan seribu hingga 20 ribu rupiah senilai 5,1 Triliun, dan nilai tersebut naik 9% dari tahun sebelumnya.

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut