get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Relawan dan Pecinta Lingkungan Lakukan Bersih-Bersih Bantaran Sungai Juga Tebar Benih Ikan

Sampah Organik Bahan Kompos di TPA Klotok Kota Kediri Terbakar

Minggu, 16 Juli 2023 | 01:17 WIB
header img
Petugas berupaya melakukan pemadaman api. Foto:iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI,iNewsKediri.id - Pengolahan kompos di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Klotok, Kelurahan Pojok, Kota Kediri terbakar, tidak diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut, api berhasil dipadamkan selama 4 jam setelah 3 unit mobil pemadam kebakaran dan 3 unit mobil tangki milik DLHKP diterjunkan.

Salah satu kompleks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kelurahan Pojok milik Pemerintah Kota Kediri terbakar, Sabtu (15/7/2023). Api muncul kali pertama di samping tempat pembuatan kompos.

PLT Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan, Anang Kurniawan mengatakan, api pertama kali muncul sekitar sekitar pukul 17.30, diketahui setelah pergantian sift jaga. Petugas yang mengetahui langsung berupaya melakukan pemadaman dengan alat yang ada, namun karena hembusan angin yang cukup kencang menyebabkan api cepat membesar, sehingga langsung dilaporkan ke petugas Damkar.

“Awalnya diketahui oleh teman-teman yang jaga malam, api dari sisi timur,” tutur Anang.

Anang menambahkan, yang terbakar adalah gudang bahan kompos yang berisi daun-daun yang dipangkas dari jalan dan sampah organik, untuk luasan yang terbakar luasan kurang lebih sekitar 100 meter persegi.

“Yang terbakar adalah gudang bahan kompos yang berisi daun-daun yang dipangkas dari jalan dan sampah organik,” imbuh Anang.

Api berhasil dipadamkan setelah 3 unit mobil damkar dan 3 unit mobil tangki air milik DLHKP diterjunkan, dan dibantu oleh petugas Satpol PP dan BPBD. Tak ada kerugian dalam insiden ini, hanya saja pihaknya kehilangan banyak bahan kompos.

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut