get app
inews
Aa Read Next : Bahaya Seks Bebas yang Mengancam Keselamatan, Salahsatunya Kanker

Penyebab HIV dan AIDS Gampang Menyerang Anak Usia Muda

Sabtu, 13 Mei 2023 | 00:32 WIB
header img
Hubungan seks bebas berahay bagi masa depan organ tubuh

KEDIRI, iNewsKediri - Sat ini melonjaknya kasus sifilis dan HIV di Indonesia jadi sorotan publik saat ini. Tren Friend With Benefit (FWB) atau One Night Stand (ONS) diduga jadi penyumbang utamanya.

Dugaan itu disampaikan langsung sejumlah netizen di media sosial. Mereka menyalahkan orang-orang yang melakukan FWB atau ONS, terlebih tanpa kondom.

HIV dan sifilis menyerang orang dengan 'sexual habit' yang tidak bersih. Artinya, seks bergonta-ganti pasangan, tidak menggunakan kondom, atau tetap melakukan seks ketika ada luka di mulut atau alat kelamin.

Berikut beberapa tuduhan netizen soal penyebab melonjaknya kasus sifilis dan HIV di Indonesia:

"Sudah benar yang namanya seks bebas itu dilarang agama, dianggap tabu, dianggap tindakan tak bermoral. Eh sekarang malah dinormalisasi, yang kontra agama dianggap close minded. Gak ada malunya nyebar aib di media sosial," komen @Roffiatul******.

 

"Bisa juga ulah suami yang melakukan seks menyimpang. Saya nemu kasus gini, di 3 lingkungan teman berbeda, semua lakinya biseksual, dua cerai dan satu bertahan. Hindari seks berisiko! Penggunaan kondom itu hanya mencegah," kata @superma***.

 

"Risiko terbesar dari seks bebas. Gara-gara FWB dinormalkan dan ONS dibiarkan nih jadinya gini," tegas @kulma****.

 

"Tak bisa dipungkiri kalau seks bebas di Indonesia sudah dinormalkan dan malah banyak akun-akun Youtube yang terkesan membiarkan perilaku ini ada di masyarakat," ungkap @Afr*********.

 

"Anak muda banyak yang kena HIV dan sifilis ini, bahkan masih pada sekolah. Mereka seperti rentan akan edukasi safe seks. Ditambah lagi dengan maraknya tren FWB dan sejenisnya. Please guys, educate yourself dengan safety seks. Kondom mungkin mengurangi sedikit kenikmatan, but you still to think to life longer first," kata @maxxpr*****.

 

"Kenaikan ini dampak nyata dari dating apps dan media sosial. Orang dewasa bisa nge-akses anak kecil sekalipun. Kalau dulu pacaran sesama bocil risikonya cuma hamil, zaman sekarang orang dewasa jadi super-spreader ke anak-anak," tulis @wewe****.

 

Apa pendapat ahli terkait tren FWB dan ONS jadi penyebab melonjaknya kasus HIV dan sifilis?

 

Menurut laman resmi Planned Parenthood, orang dengan kebiasaan ONS atau FWB sangat mungkin terkena HIV atau sifilis. Terlebih jika pasangan seks-nya tidak mengetahui status kesehatannya.

"Ya, Anda bisa kena penyakit menular seksual (HIV dan sifilis contohnya) dengan melakukan one night stand (ONS) tanpa kondom, meskipun aktivitas seks berlangsung cuma sekali," kata laporan itu.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut