get app
inews
Aa Read Next : Turut Berduka Tragedi Kanjuruhan, Supporter Kediri Bersama Bupati dan Kapolres

Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan, Tim Penyidik Gelar Rekonstruksi Kericuhan

Rabu, 19 Oktober 2022 | 11:59 WIB
header img
Suara misterius di stadion Kanjuruhan usai Tragedi Kanjuruhan (Foto: Reuters)

KEDIRI, iNewsKediri - Tim Penyidik gabungan menggelar rekonstruksi Tragedi Kanjuruhan di lapangan bola Mapolda Jatim, Surabaya, Rabu (19/10/2022). Sedikitnya 32 adegan diperagakan dalam rekonstruksi tersebut.

Berdasarkan pantauan iNews, puluhan anggota yang diperankan pemeran pengganti memeragakan adegan saat kerusuhan yang menewaskan 133 orang di Stadion Kanjuruhan, Malang, berlangsung pada Sabtu (1/10/2022) lalu.

Sejumlah adegan diperagakan berdasarkan berita acara pemeriksaan (BAP) yang telah dikantongi penyidik.

Adapun rekonstruksi dipimpin Ditreskrimum Polda Jatim Kombes Totok Suharyanto dengan disaksikan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Proses rekonstruksi turut dihadiri Kadiv Propam Polri Irjen Syahar Diantono serta pewakilan tim TGIPF.

Sejumlah adegan diperagakan, termasuk lokasi di lapangan Mapolda Jatim sebagai tempat peraga pintu 13 Stadion Kanjuruhan yang menjadi titik banyaknya korban meninggal dunia.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan rekonstruksi akan dilakukan untuk menguak arah tembakan gas air mata, berapa peluru yang ditembakkan, hingga siapa yang memerintahkan menembak.

"Akan melihat tentang berapa tembakan yang dilakukan, kemudian arah tembakan. Kemudian perintah tembakan, kemudian jenis peluru yang digunakan," kata dia, Sabtu (15/10/2022).

Menurut Dedi, rekonstruksi juga akan menjadi pembuktian polisi. Rekonstruksi juga menjadi komitmen dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, agar pengusutan tragedi ini segera dituntaskan.

"Ini semua sekali lagi dalam rangka proses pembuktian, dan komitmen Bapak Kapolri tentunya untuk kasus ini segera dituntaskan. Perbaikan-perbaikan terkait regulasi keselamatan dan keamanan ini sudah diproses," kata Dedi.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut