Logo Network
Network

Hadapi Perubahan Iklim Global, Khofifah Ajak Masyarakat Sedekah Oksigen

Kridaning Jatmiko
.
Minggu, 04 September 2022 | 06:46 WIB
Hadapi Perubahan Iklim Global, Khofifah Ajak Masyarakat Sedekah Oksigen

KEDIRI, iNewsKediri - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri pelantikan Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Kediri periode 2022-2027, di gedung Graha Muslimat Jalan Puskesmas Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, Sabtu (3/9/2022).

Dalam sambutannya, Khofifah mengajak kader Muslimat NU maupun masyarakat yang hadir untuk menanam pohon dengan diniati sedekah oksigen. 

“Saat menanam bibit ini, sembari dipupuk dan disiram kita niati Bismillah sedekah oksigen untuk kemanusiaan. Saat ada lonjakan Covid-19 secara eksponensial tahun lalu sekitar Bulan Juli itu kita merasakan susahnya mendapatkan oksigen mencari tabung oksigen. Jadi mari kita menanam tanaman apa saja untuk sedekah oksigen,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah melakukan penanaman pohon kelengkeng dan membagikan 150 bibit buah-buahan seperti alpukat, durian, jambu biji dan ketepeng.

Selain itu ada pula bibit tanaman cabai.

Khofifah mengatakan, 10 tahun belakangan isu mengenai perubahan iklim global telah ramai dibahas di berbagai forum.

Bahkan, masyarakat juga mulai merasakan perubahan iklim seperti saat masuk musim hujan tapi suhu atau cuaca masih sangat panas, begitupun sebaliknya.

"Hari ini saya bawa ratusan pohon untuk ditanam. Monggo kita niatkan sedekah oksigen, karena saat ini seluruh dunia sedang mengalami pemanasan global, bahkan di berbagai tempat banyak kampanye penurunan emisi Gas Rumah Kaca, oleh karenanya mari kita memulai sedekah oksigen dari lingkungan terkecil yakni rumah dengan menanam pohon di pekarangan kita,” imbuhnya.

Tidak hanya di lingkungan rumah, Khofifah juga meminta agar PAUD, TK maupun Raudhatul Athfal (RA) milik Muslimat NU yang memiliki halaman luas agar menanam tanaman seperti Trembesi atau ketapang.

Tanaman jenis Trembesi ini bisa membantu menyimpan deposit air.

“Jadi banyak hal yang bisa kita lakukan dari kekuatan jaringan Muslimat NU. Saya belakangan ini terus mengajak masyarakat luas untuk melakukan sedekah oksigen. Kalau bisa menanam mangrove lebih bagus lagi karena sangat banyak referensi bahwa oksigen yang dihasilkan oleh mangrove bisa 5 kali lipat lebih banyak dari pohon di daratan,” tandasnya. 

Kampanye sedekah oksigen tersebut juga dilakukan Khofifah ketiha berkunjung ke daerah, bahkan secara khusus rutin berkeliling ke berbagi kabupaten/kota di Jatim ini untuk nandur mangrove. 

"Terakhir kemarin di Kabupaten Pasuruan kami bersama-sama dengan Yayasan Gajah Sumatera (Yagasu). Alhamdulillah sudah banyak elemen yang kami ajak untuk bersama-sama nandur mangrove,” jelas Khofifah.

Di akhir, terkait dengan berbagai isu global baik krisis pangan maupun krisis keuangan, Gubernur Khofifah turut berpesan terutama kepada ibu-ibu untuk bisa memanage keuangan rumah tangga lebih detail lagi.

Terlebih terkait adanya kenaikan harga BBM yang akan berpengaruh terhadap kenaikan beberapa produk. Pungkas Khofifah.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News

Bagikan Artikel Ini