get app
inews
Aa
Read Next : Bansos RSTN Bagi Disabilitas, Siapkan Tim Untuk Bantu Disabilitas Memperoleh Dokumen Adminduk

Presiden Jokowi Siasati Kenaikan BBM dengan Bansos

Rabu, 31 Agustus 2022 | 10:17 WIB
header img
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

JAYAPURA, iNewsKediri - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membagikan bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) kepada masyarakat Jayapura di Kantor Pos Cabang Sentani Kabupaten Jayapura.

"Hari ini kita telah memulai pembagian BLT BBM yang diberikan kepada masyarakat selama empat bulan, per bulannya diberikan Rp 150 ribu. Jadi totalnya Rp 600 ribu. Diberikan dua kali Rp300 ribu, Rp300 ribu. Hari ini telah dimulai di kantor pos Kabupaten Jayapura," ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (31/8/2022).

Jokowi berharap, pembagian BLT BBM tersebut dapat meningkatkan daya beli masyarakat khususnya masyarakat Jayapura.

"Agar daya beli masyarakat, konsumsi masyarakat menjadi lebih baik. Selain pemberian BLT BBM kepada 20,6 juta penerima manfaat juga diberikan subsidi BBM subdisi bagi para pekerja juga sebesar Rp600 ribu untuk kurang lebih 16 juta pekerja," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah akan menyalurkan sejumlah bantuan sosial yang merupakan bentuk pengalihan subsidi BBM sebesar Rp 24,17 triliun.

Bansos pertama akan diberikan kepada 20,65 juta kelompok keluarga penerima manfaat, dalam bentuk bantuan langsung tunai sebesar Rp 12,4 triliun.

Bantuan akan disalurkan oleh Kementerian Sosial sebesar Rp 150.000 dan dibayarkan selama empat kali.

Bansos kedua, berupa subsidi upah sebesar Rp 600.000 per bulan yang diberikan kepada 16 juta pekerja dengan gaji maksimal Rp 3,5 juta. Untuk bantuan ini, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 9,6 triliun.

Selanjutnya, pemerintah daerah akan menggunakan anggaran sebesar 2 persen dari dana transfer umum, yaitu Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) dalam bentuk subsidi transportasi. (OZ)

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut