get app
inews
Aa Read Next : Angka Kriminalitas di Kota Kediri Tahun 2023 Meningkat Dibanding 2022, Namun Berhasil Diungkap

Ratusan Sapi di Kota Kediri Mulai Divaksin PMK

Selasa, 28 Juni 2022 | 17:30 WIB
header img
Ratusan Sapi di Kota Kediri Mulai Divaksin PMK

KEDIRI, iNewsKediri - 500 ekor sapi di Kota Kediri, Jawa Timur, menerima penyuntikan vaksin PMK. Dalam tahap pertama ini, sapi potong dan sapi perah menjadi prioritas penerima vaksinasi penyakit mulut dan kuku. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mencegah meluasnya kasus PMK di Kota Kediri.

Vaksinasi penyakit mulut dan kuku ini dilakukan pada sejumlah sapi pedaging di Kelurahan Ngampel, Kota Kediri, Jawa Timur. Dalam tahap pertama ini, 500 ekor sapi milik peternak dijadwalkan menerima vaksin PMK. Vaksinasi diprioritaskan bagi sapi potong dan sapi perah. Khusus untuk pedaging proses vaksinasi akan dipercepat agar penyebaran penyakit mulut dan kuku dapat ditekan jelang Idul Adha ini.

Dokter Pujiono, Kasi Kesmavet DKPP Kota Kediri mengatakan, dari 500 dosis vaksin PMK, 400 diantara dialokasikan bagi sapi potong. Sementara sisanya akan diberikan pada sapi perah, sebab dampaknya lebih parah jika terinfeksi PMK, selain produksi susunya akan turun, dan jika terinfeksi PMK, proses penyembuhannya juga lebih lama.

"Saat ini kita mendapatkan 500 dosis vaksin, kami prioritaskan untuk sapi perah dan sapi pedaging terlebih dahulu, sementara untuk sasarannya adalah daerah zona hijau atau yang tidak terdapat kasus PMK," Kata Drh Pujiono.

Setiap hari vaksinasi dibagi menjadi 3 kelompok, di 3 titik yang berbeda. Harapannya  vaksinasi PMK ini akan selesai dalam kurun waktu 1 pekan. iNews Kediri

Editor : Moch Robby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut