Mentan: Produksi Hasil Pertanian Bisa Meningkat Jika Ditunjang Kondisi Infrastruktur Pertanian

Ahmad Ghozali
Infrastruktur pertanian berpengaruh untuk bantu peningkatan produksi hasil pertanian.(Sumber/dok Kementan)

JAKARTA, iNewsKediri - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya melakukan pengendalian stok dan menjaga ketersediaan pangan saat bulan Ramadan hingga Idul Fitri mendatang. Ketersediaan pangan tersebut, tentu sangat erat berhubungan dengan penyediaan infrastruktur atau prasarana dan sarana pertanian.

Ekonom dari Universitas Kuningan (UNIKU) Jawa Barat Faishal Rahimi mengatakan, gejolak pangan saat memasuki bulan Ramadan sampai Idul Fitri kerap terjadi. Hal tersebut, bagian dari momentum yang terjadi di Indonesia setiap tahunnya. 

"Gejolak pangan pasti akan terus terjadi, ini bagian dari momentum setiap tahunnya, apalagi permintaan biasanya akan naik, pemerintah tidak perlu panik, tapi antisipasi sangat perlu," kata Faishal Kepada media di Jakarta, Senin (4/4).

Dosen UNIKU ini mengatakan, ketersediaan pangan tentu berbicara hulu pertanian, bagi pemerintah dalam hal ini adalah Kementerian Pertanian (Kementan), menjamin ketersediaan bibit, pupuk, hingga infrastruktur atau prasarana dan sarana pertanian amat penting guna meningkatkan produktivitas pertanian. 

"Ini berkaitan dengan hulu pertanian atau awalnya, saya rasa Menteri Pertanian sudah maksimal dalam membantu para petani, ya. Saya lihat pak Menteri Syahrul selalu turun kelapangan, ke petani saat tanam, saya rasa bantuan untuk petani tentu terdistribusi," katanya.

Oleh karena itu, lanjut Faishal, infrastruktur pertanian yang penting manfaatnya tadi sangat berpengaruh ketika ada momentum bulan Ramadan atau hari raya Idul Fitri.

"Ya, Infrastruktur pasti berpengaruh sekali, sangat membantu peningkatan produksi atau hasil pertanian, ketika datang momentum seperti ini, saya rasa stok dalam negeri bisa aman, tugas selanjutnya pengendalian harga, jangan sampai tidak stabil," tuturnya.

Belum lagi, sambungnya, Kementan sedang gencar-gencarnya terkait mekanisasi pertanian, menurut nya, penerapan mekanisasi pertanian dapat menghasilkan percepatan peningkatan mutu pengolahan tanah, peningkatan intensitas pertanaman (IP), efisiensi biaya produksi, penyelamatan kehilangan hasil, peningkatan mutu hasil, dan peningkatan pendapatan petani.

"Jadi, saya rasa mekanisasi pertanian sangat penting sekali, tentu membantu petani, saya harap bantuan alsintan lebih merata lagi ke petani, dan Kementan memastikan bantuan alsintan tepat sasaran," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) terus memastikan ketersediaan bahan pangan pokok dan harga sehingga tidak ada gejolak hingga Idul Fitri. Bahkan, Mentan Syahrul langsung turun melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar tradisional, Pasar Terong dan Pasar Pabaeng-baeng Kota Makassar kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Pada bulan Ramadan biasanya terjadi dinamika harga tapi ketersediaan yang paling penting. Hari ini kita cek di pasar Terong sebagai pasar terbasar di Sulawesi Selatan dan kenyataannya semua komoditi ketersediaanya ada dan cukup," kata Mentan Syahrul.

Editor : Moch Robby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network